Caleg DPRD Wonogiri Ini Back To Back Raup Suara Terbanyak Se-Kabupaten

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
26 April 2019 01:00 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Wonogiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), A.S. Joko Prayitno alias Joko Lelur, berpotensi meraih suara terbanyak se-Kabupaten Wonogiri pada Pemilu 2019.

Jika itu terjadi, Joko Lelur mencatatkan rekor back to back yakni meraih suara terbanyak pada dua penyelenggaraan pemilu secara berturut-turut.

Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, mengatakan berdasar hasil sementara penghitungan internal PDIP hingga Kamis (25/4/2019), Joko Prayitno dari dapil II memperoleh suara terbanyak se-kabupaten, yakni lebih dari 15.000 suara.

Capaian itu lebih banyak dibanding perolehan suaranya pada Pemilu 2014 lalu yang mencapai 14.700 suara. “Pemilu 2014 lalu Pak Joko Lelur juga memperoleh suara terbanyak se-kabupaten,” kata Setyo yang juga Ketua DPRD Wonogiri kepada Solopos.com, Kamis.

Sementara itu, Joko Lelur mengaku senang kembali menorehkan capaian positif pada Pemilu 2019. Berdasar hasil penghitungannya, dalam lingkup dapil II yang meliputi Ngadirojo, Jatipurno, Girimarto, Nguntoronadi, dan Sidoharjo dia meruap 15.455 suara.

Ngadirojo sebagai wilayahnya sendiri menyumbangkan suara terbanyak, yakni mencapai 13.531 suara. Dalam lingkup yang sama jumlah itu separuh dari akumulasi suara yang diperoleh seluruh caleg PDIP.

Total suara yang diraup 10 caleg PDIP di lingkup Ngadirojo tercatat 26.160 suara. Perolehan suara Joko Lelur pada Pemilu 2019 ini meningkat signifikan dibanding 2014 lalu.

Lima tahun lalu warga Dusun Manggis RT 001/RW 011, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, tersebut tercatat memperoleh 13.241 suara. Bagi Joko Lelur, menjadi legislator sama halnya sebagai jongosnya masyarakat.

Pada posisi itu seorang legislator harus mengabdi kepada masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang melekat. Memperoleh lebih tinggi dari pada Pemilu 2014 membuat dia justru lebih berhati-hati dalam bersikap dan sebisa mungkin memenuhi harapan masyarakat.

Menurut dia, hal itu merupakan konsekuensi logis yang harus dia terima, mengingat saat ini semakin banyak warga yang memberi kepercayaan. “Ini menjadi tantangan tersendiri buat saya. Tentu saya harus lebih berhati-hati dalam berucap dan bertindak agar tidak membuat warga kecewa,” ulas Joko Lelur yang juga Ketua PAC PDIP Ngadirojo itu.

Dia melanjutkan capaian positif dirinya dan PDIP pada Pemilu 2019 tak terlepas dari kerja nyata Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, membangun Kota Sukses selama menjabat sebagai bupati.

Joko Lelur menyebut program-program Bupati yang akrab disapa Jekek itu, seperti peningkatan jalan, sekolah gratis, revitalisasi pasar, peningkatan layanan kesehatan, dan lainnya selama empat tahun ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tak heran jika pada Pemilu tahun ini PDIP bisa meraup 29-30 kursi dari sebelumnya hanya 13 kursi.