Soloraya
Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Damkar Sragen Evakuasi Sapi Limosin Betina yang Tercebur di Dam Colo Timur

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Damkar Satpol PP Sragen bersama warga mengevakuasi sapi betina seberat 2,2 kuintal yang tercebur di aliran Dam Colo Timur Dukuh Kedungwaduk, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen, Rabu (24/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Seekor sapi limosin betina seberat 2,2 kuintal milik warga Dukuh Kedungwaduk, Desa Gebang, Masaran, Sragen, Tercebur ke aliran Dam Colo Timur, Rabu (24/4/2024) pagi. Sapi betina itu diselamatkan oleh tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen. Proses evakuasi butuh waktu 30 menit.

Kabid Damkar Satpol PP Sragen, Tommy Isharyanto, mengungkapkan sapi itu milik Yoto Mulyono Sumardi, 71, warga Dukuh Kedungwaduk RT 002/RW 001. Awalnya, Yoto seperti biasa menggembala sapi untuk mencari rumput di sekitar Dam Colo Timur yang alirannya melintas di Dukuh Kedungwaduk. Menjelang tiba di lokasi, tiba-tiba ada seekor sapi yang berlari tak terkendali dan melintasi tanggul Dam Colo hingga akhirnya terpeleset jatuh ke sungai tersebut.

Advertisement

“Warga sudah mencoba mengevakuasi tetapi tidak berhasil. Akhirnya warga menghubungi Damkar Sragen untuk meminta bantuan. Tim kami datang ke lokasi dan membantu evakuasi sapi,” kata Tommy.

Kasi Pemadam dan Keselamatan Bidang Damkar Satpol PP Sragen, Anton Sujarwo, mengungkapkan setelah menerima laporan, empat anggota Damkar langsung meluncur ke lokasi. Dengan tali, petugas berhasil mengevakuasi sapi yang tercebur di Dam Colo Timur dengan kedalaman 1,5 meter.

“Kendalanya karena kedalaman Dam Colo Timur 1,5 meter dan arus airnya deras. Kami menggunakan tali webbing untuk mengikat tubuh sapi. Tali itu kemudian dikaitkan dengan mesin winch pada truk Damkar. Akhirnya sapi bisa dievakuasi ke permukaan dengan selamat,” jelas Anton.

Advertisement

Dia meminta kepada warga supaya saat menggembala hewan ternaknya seperti sapi diikat agar tidak terjadi insiden serupa . Dia bersyukur sapi selamat meskipun ada luka lecet pada bagian kaki karena gesekan dengan dinding Dam Colo Timur.

Sementara menurut pengakuan Yoto, bukan kali ini saja ada sapi tercebur ke Dam Colo. Sebelumnya pernah ada, namun sapi bisa menyelamatkan diri. “Kalau tadi kesulitan evakuasi akhirnya minta bantuan Damkar. Terima kasih untuk Tim Damkar yang berhasil mengevakuasi sapi kami,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif