Bukan 29, Ini Prediksi Akhir Perolehan Kursi PDIP di DPRD Wonogiri

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
01 Mei 2019 19:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Prediksi perolehan kursi DPRD Wonogiri berdasar hasil Pemilu 2019 terus berubah seiring progres input data di internal masing-masing partai politik (parpol).

PDIP misalnya, prediksi terakhir perolehan kursinya berkurang dari prediksi sebelumnya 29 kursi menjadi 28 kursi. Di sisi lain, Partai Golkar diprediksi menambah satu kursi dibanding prediksi sebelumnya, yakni tujuh kursi menjadi delapan kursi.

Parpol lain relatif tak berubah. Perubahan prediksi ini berdasar data perolehan kursi yang diraup enam partai politik (parpol), yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, dan PAN. Data tersebut diperoleh Solopos.com dari sumber di luar parpol, Rabu (1/5/2019).

Merujuk data tersebut, PDIP memperoleh 28 kursi dengan perincian daerah pemilihan (dapil) I-IV masing-masing enam kursi dan dapil V empat kursi.

Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, saat dihubungi Solopos.com, Rabu, membenarkan berdasar penghitungan akhir PDIP memperoleh 28 kursi DPRD Wonogiri. Dia menyebut berdasar penghitungan internal, ke-28 kursi tersebut sudah pasti milik PDIP.

Namun, dia masih menunggu hasil resmi penghitungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Data yang masuk dalam penghitungan internal kami sudah 100 persen. Tapi bagaimana pun hasil yang resmi dari KPU. Kami akan mencocokkannya dengan hasil rekapitulasi KPU nanti,” kata Setyo yang juga Ketua DPRD Wonogiri itu.

Setelah mencermati data yang diperoleh Solopos.com, dia menyatakan nama calon anggota legislatif (caleg) PDIP yang memperoleh kursi sebagaimana disampaikan dalam data itu sama dengan hasil pendataan internal PDIP. Hanya, dia belum dapat membandingkan data perolehan suara masing-masing caleg yang tertera di data Solopos.com dengan perolehan suara berdasar penghitungan internal.

Hal itu karena Setyo saat dimintai konfirmasi sedang tidak memegang data perolehan suara caleg. Terpisah, Ketua DPD II Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, mengatakan Golkar kemungkinan besar akan memperoleh delapan kursi.

Prediksi sebelumnya, Golkar mendapat tujuh kursi. Namun, Golkar belum menghitung siapa saja caleg yang akan menduduki kursi tersebut. Saat dimintai tanggapan ihwal data yang diperoleh Solopos.com, Bondan tak merespons.

“Kalau untuk nama caleg [yang memperoleh kursi], kami belum bisa pastikan,” ulas Bondan melalui pesan tertulis.

Berdasar data Solopos.com, delapan kursi Golkar itu meliputi dua kursi masing-masing dari dapil I-III dan satu kursi masing-masing dari dapil IV-V.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, menyatakan prediksi perolehan kursi partainya masih sama, yakni empat kursi. Semua dapil menyumbangkan kursi kecuali dapil III.

Nama caleg yang akan menduduki satu kursi dari dapil I, II, dan V menurut Suryo sudah pasti. Khusus untuk caleg yang bakal menduduki kursi dari dapil IV masih dinamis. “Ada dua nama yang diprediksi menduduki kursi dari dapil IV, yakni caleg nomor urut 1 [Suryo Suminto] dan 4 [Jati Waluyo],” ucap Suryo.

Sekretaris DPC PKB Wonogiri, Witanto, menyatakan data yang diperoleh Solopos.com tak jauh berbeda dibanding penghitungan internal PKB. Bahkan, nama tiga caleg PKB pemilik kursi yang disebut dalam data tersebut sama dengan data PKB.

Prediksi Anggota DPRD Wonogiri 2019-2024
Dapil I (11 kursi)
1. Arum (Gerindra)
2. Bambang Sadriyanto (PDIP)
3. Ari Sumantri (PDIP)
4. Mulyadi (PDIP)
5. Urin Tri Hartono (PDIP)
6. Margono (PDIP)
7. Yukanan Supriyanto (PDIP)
8. Reni Toriliana (Golkar)
9. Didiyatno (Golkar)
10. Sri Hariyanto (PKS)
11. Sardi (PAN)

Dapil II (10 kursi)
1. Imron Rizkyarno (Gerindra)
2. A.S. Joko Prayitno (PDIP)
3. Sutoyo (PDIP)
4. Sarwo (PDIP)
5. Kisyanti (PDIP)
6. Suprapto (PDIP)
7. Wawan Kristanto (PDIP)
8. Sugeng Ahmadi (Golkar)
9. Paryanti (Golkar)
10. Yekti Dewi Retno Basuki (PAN)

Dapil III (10 kursi)
1. Sunarno (PKB)
2. Sriyono (PDIP)
3. Ari Santoso (PDIP)
4. Tarso (PDIP)
5. Catur Winarko (PDIP)
6. Indah Retnowati (PDIP)
7. Suyoto (PDIP)
8. Gunariyanto (Golkar)
9. Hamid Kurniawan (Golkar)
10. Jarmono (PKS)

Dapil IV (10 kursi)
1. Suparmo (PKB)
2. Suryo Suminto/Jati Waluyo (Gerindra)
3. Supriyanto (PDIP)
4. Gimanto (PDIP)
5. Titik Sugiyarti (PDIP)
6. Dani Mursito (PDIP)
7. Tarmanto (PDIP)
8. Rusdiana (PDIP)
9. Heru Sukoco (Golkar)

Dapil V (9 kursi)
1. Abdullah (PKB)
2. Siti Hardiyani (Gerindra)
3. Setyo Sukarno (PDIP)
4. Novri Roesmono (PDIP)
5. Irwan Hari Purnomo (PDIP)
6. Soetarno (PDIP)
7. Kristian Teguh Suryono (Golkar)
8. Sriyanto (PKS)
9. Iskandar (PAN)

Perolehan Kursi Masing-Masing Partai
- PKB: 3 kursi
- Gerindra: 4 kursi
- PDIP: 28 kursi
- Partai Golkar: 8 kursi
- PKS: 4 kursi
- PAN: 3 kursi
Total 50 kursi

Sumber: Berbagai sumber.