BEM UNS Ajak Mahasiswa Peduli Kesehatan Mental

Ilustrasi pelajar yang sedang merasa bingung. (Reuters)
04 Mei 2019 22:30 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO - BEM UNS 2019 melalui Kementerian Inisiasi Gerakan Sosial mengadakan mini talkshow pertama yang mengusung isu masalah kesehatan mental dengan tema depresi bertajuk Upgrade Diri, Lawan Depresi. Puluhan mahasiswa UNS tumpah ruah di ruang teather Taman Cerdas Soekarno Hatta Jebres, Sabtu (27/4/2019) 08.00-12-00 WIB. Acara ini diberi nama Reinforcement 1.0.

Reinforcement 1.0 adalah acara mini talkshow yang menghadirkan pembicara dari luar UNS, Wisnu Wijaya Putra, S.Psi selaku trainer dan founder Mumpung Jadi Mahasiswa. Sasaran peserta yang hadir dalam acara Reinforcement 1.0 adalah eksklusif 30 mahasiswa UNS dari seluruh fakultas. Animo mahasiswa UNS terekam jelas dengan antusias saat mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Reinforcement 1.0 diadakan sebagai wujud peduli pada issue kesehatan mental yang saat ini sedang digalakkan. Depresi menjadi tema utama dalam acara ini dipilih karena menjadi faktor penyebab utama terjadinya kasus bunuh diri.

Wakil presiden BEM UNS 2019, Arifin Muhammad dalam sambutannya mengapresiasi acara Reinforcement 1.0. Ia mengatakan sangat penting mengajak teman-teman mahasiswa UNS untuk peduli akan kesehatan mental, mengingat depresi bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk mahasiswa. Maka diperlukan ruang-ruang diskusi sebagai sarana edukasi dan sharing.

Selain menyajikan sebuah mini talkshow, acara ini juga dibarengi dengan launching perdana platform di Instagram yaitu @rata.uns. Rata atau Ruang Bercerita adalah sebuah platform yang dibuat sebagai wadah curhat bagi seluruh mahasiswa UNS via online.

Mahasiswa UNS setalah diadakannya acara Reinforcement 1.0 diharapkan mampu meningkatkan self-awarness tentang kesehatan mental sehingga terciptanya individu yang cerdas, peduli dan kuat, kuat dengan diri sendiri dan mampu menguatkan orang lain.