Pemuda Semanggi Juara Lomba Selfie di TPS Pemilu 2019 KPU Solo

Penyerahan hadiah pemenang lomba selfie pencoblosan Pemilu 2019 di Kantor KPU Solo, Kamis (2/5/2019). (Solopos - Kurniawan)
05 Mei 2019 00:45 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemuda asal RT 006 Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Suryanto, 33, mendapat juara I lomba selfie di TPS Pemilu 2019 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo.

Dia dihadiahi piala juara I dan uang tunai senilai Rp2 juta setelah dipotong pajak. Pantauan Solopos.com, piala dan hadiah diserahkan Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, kepada Suryanto di Aula Kantor KPU Solo, Sumber, Solo, Jumat (3/5/2019).

Ada 400-an foto selfie yang dikirimkan masyarakat Solo untuk ikut lomba selfie di TPS Pemilu 2019. Namun sebagian dari foto-foto itu dinyatakan tidak memenuhi kriteria lomba di antaranya karena tidak berada di TPS wilayah Solo, dan pengirimnya bukan warga Solo.

Setelah disortir berdasarkan kriteria lomba, foto-foto yang memenuhi kriteria lantas dinilai dari berbagai aspek oleh tim juri. Penilaian meliputi aspek ekspresi subjek, komposisi, dan angel foto. Dari penilaian itu didapatkan tiga juara utama.

Masing-masing dari mereka berhak atas hadiah uang tunai berturut-turut Rp2 juta, Rp1,5 juta, dan Rp1 juta. Selain tiga juara utama tim juri juga memilih 15 juara favorit. Tapi salah satu juara favorit didiskualifikasi karena lokasi selfie ternyata bukan di Solo.

“Tak menyangka bisa juara I. Awalnya tak sengaja baca pengumuman lomba selfie ini di medsos. Pada hari pencoblosan saya sengaja pakai baju lurik. Setelah mencoblos saya langsung selfie dengan menunjukkan jari tercelup tinta,” ujar Suryanto.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan lomba selfie itu terbuka untuk semua kalangan. Selama sudah boleh mencoblos Pemilu 2019, yang bersangkutan boleh ikut lomba. Selain itu peserta lomba harus warga Solo dan menyalurkan suara di TPS wilayah Solo.

Foto selfie harus diunggah di media sosial Instagram dan Facebook KPU dengan disertai tagar Pemilu 2019. “Waktu upload dibatasi pada 17-18 April 2019. Antusiasme masyarakat cukup bagus terbukti lumayan banyak yang ikut,” tutur dia.

Nurul menjelaskan lomba selfie di TPS Pemilu 2019 bertujuan menyosialisasikan agenda pesta demokrasi dan merangsang partisipasi pemilih. “Kami menggandeng tiga fotografer profesional sebagai tim juri untuk menilai,” terang dia.