Ini 3 Caleg Peraih Suara Terbanyak Pada Pemilu 2019 di Sukoharjo

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
09 Mei 2019 21:15 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Sukoharjo sudah ditetapkan dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat akhir pekan lalu. Tiga calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sukoharjo tercatat memperoleh suara di atas 10.000.

Ketiganya yakni Danur Sri Wardhana (Dapil I) dan Nurjayanto (Dapil I), keduanya dari PDIP serta Joko Santosa (Dapil 1) dari Partai Gerindra. Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan KPU Sukoharjo, Danur Sri Wardhana meraup 11.057 suara di Dapil III yang meliputi Gatak, Kartasura, dan Baki.

Nurjayanto meraih 10.988 suara di Dapil I yang meliputi Kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Bendosari. Sedangkan Joko Santosa dari Partai Gerindra mampu bersaing ketat dengan para caleg petahana di Dapil III.

Kendati berstatus pendatang baru atau newcomer, Joko mampu mendulang 10.227 suara. Di sisi lain, caleg yang meraih suara antara 9.000-10.000 yakni Dahono Marlianto asal PDIP dengan 9.127 suara, Giyarto asal Partai Golkar dengan 9.679 suara, dan Eko Sapto Purnomo dari Partai Gerindra sebanyak 9.964 suara.

Para caleg peraih suara terbanyak itu didominasi caleg petahana asal berbagai partai politik (parpol). “Saya justru jarang berkampanye saat masa kampanye pemilu. Saya tidak membikin kaus partai yang dibagi-bagikan kepada masyarakat seperti caleg lainnya. Dana aspirasi digunakan untuk menyejahterakan masyarakat,” kata caleg PDIP, Nurjayanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (8/5/2019).

Nurjayanto merupakan salah satu caleg yang selalu meraih kursi legislatif tiga periode berturut-turut mulai dari 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019. Saat ini, Nurjayanto menjabat Ketua DPRD Sukoharjo dan Bendahara DPC PDIP Sukoharjo.

Dia memiliki basis pemilih loyal di setiap desa/kelurahan lantaran memiliki kedekatan emosional. Hal ini berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara caleg menuju parlemen. “Saya selalu memperhatikan aspirasi dan keinginan masyarakat. Saya memiliki kedekatan emosional dengan mereka,” ujar dia.

Sementara itu, caleg pendatang baru asal Partai Gerindra, Joko Santosa, enggan berkomentar banyak ihwal perolehan suaranya di Pemilu 2019. Joko menjadi satu-satunya caleg pendatang baru yang mampu menunjukkan taring dengan mendulang suara terbanyak.

Di Dapil III, Partai Gerindra diperkirakan menambah satu kursi dari satu kursi menjadi dua kursi legislatif. Selain Joko Santosa, caleg lainnya yang diperkirakan melenggang menuju parlemen adalah Joko Nugroho yang merupakan caleg petahana.