Jelang Lebaran, Begini Persiapan Pertamina Layani Kebutuhan BBM Pemudik di Tol Trans Jawa

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan jajaran direksi PT Pertamina melihat kesiapan SPBU untuk melayani pemudik di jalur tol Semarang-Surabaya di SPBU KM 519 ruas B (Ngawi-Solo), Sabtu (11/5/2019). (Solopos - Farida Trisnaningtyas)
12 Mei 2019 19:15 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- PT Pertamina telah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan pemudik di sepanjang tol Trans Jawa pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

Kesiapan ini sudah ditinjau langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Igansius Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid saat mengunjungi dua SPBU di jalur tol Surabaya-Semarang, yakni SPBU KM 575 Ngawi dan SPBU KM 519 B Solo pada Sabtu (11/5/2019). 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina menyiapkan setidaknya 112 lokasi layanan BBM di sepanjang jalur tol trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Layanan tersebut terdiri atas 44 SPBU, 25 mobile dipenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter), dan 43 kios pertamina siaga. 

“Pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM [motor pengantar BBM] dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 kantong BBM,” katanya kepada wartawan di SPBU 519 B, Sabtu.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menambahkan Pertamina juga menyiapkan sembilan Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah. Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas lelah.

“Mengingat keselamatan berkendara adalah yang utama, kami menyarankan pemudik untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya. Salah satunya bisa mampir di Rumah Pertamina Siaga yang tersedia di beberapa titik yang bisa diketahui melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Layanan ini tersedia mulai H-10 Idul Fitri,” ujarnya.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, menjelaskan untuk kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya-Solo. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan tujuh SPBU dan satu Kios Pertamina Siaga. 

Pasokan BBM di jalur tol wilayah Jawa Tengah juga dipastikan oleh Pertamina dengan menyediakan enam SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan empat Rumah Pertamina Siaga di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

“Satu unit SPBU dengan skala besar memiliki tangki penyimpanan BBM sebanyak 60 kiloliter [KL]. Ini cukup untuk melayani pengemudi di jalur tol Trans Jawa. Selain itu, kami berharap dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengatakan dari hasil pantauannya di pengisian BBM tol trans Jawa ini persiapan Pertamina untuk SPBU sudah maksimal. Di sisi lain, dia mengimbau masyarakat yang mudik melintasi tol paling tidak mengisi BBM 3/4 untuk kendaraan roda empatnya.

“Kalau masyarakat mudik lewat jalan tol, diisi minimal 3/4 jangan separuh kalau tidak mau diisi penuh. Kami memperkirakan 100 km itu penggunaan BBM sekitar 10 liter. Yang jelas kami sudah siap untuk penyediaan BBM saat arus mudik atau pun balik,” jelasnya.