Kebakaran Rumah di Karanganyar, 100 Gram Emas Ikut Hangus

Ilustrasi Kebakaran (Solopos - Whisnupaksa)
12 Mei 2019 17:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kebakaran menghanguskan rumah beserta isinya di Dusun Banaran Sawur RT 001/RW 008, Desa Gemantar, Kecamatan Jumantono, Karanganyar, Sabtu (11/5/2019) pukul 17.50 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Tetapi kebakaran menghanguskan sejumlah barang berharga di rumah milik Wiryoman. Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran diduga berasal dari tungku untuk memasak di dapur.

Saat itu, istri Wiryoman, Piyem, merebus air di dapur pukul 17.00 WIB. Mereka merebus air menggunakan tungku berbahan bakar kayu. Seperti kebiasaan pada umumnya, Piyem menunggui air hingga mendidih. Setelah mendidih, air digunakan menyeduh teh di ruang tamu.

Selang beberapa saat, dia kembali ke dapur. Saat itulah Piyem melihat api sudah berkobar dan menyambar tumpukan kayu kering di dekat tungku. Piyem berteriak minta tolong dan meminta bantuan tetangga.

Tetapi tidak ada orang yang berani mendekat karena api sudah berkobar besar. Sejumlah orang berusaha menghubungi polisi dan petugas pemadam kebakaran. Api begitu cepat merembet ke bagian lain rumah dan menghanguskan hampir seluruh perabot rumah tangga.

Kapolsek Jumantono, AKP Joko Hartoyo, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, menyampaikan kerugian akibat kebakaran itu berupa harta benda yang tidak dapat diselamatkan saat kebakaran. Beberapa di antara adalah tiga kuintal gabah kering, dua kuintal beras, perhiasan emas 100 gram yang terdiri atas delapan cincin dan 10 gelang, mesin jahit, dan uang tunai Rp500.000.

"Kebakaran diduga berasal dari api tungku dengan bahan bakar kayu di dapur. Api merembet ke tumpukan kayu kering di samping tungku," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, dua unit mobil pemadam kebakaran Karanganyar menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan api agar tidak semakin membesar dan merembet ke rumah warga lain. Api berhasil dipadamkan pada pukul 18.30 WIB.