Hebat, 28 Siswa SMK di Sukoharjo Raih Nilai UNBK 100

Konvoi siswa SMA-SMK di Jl. Tentara Pelajar, Pedaringan, Jebres, Solo, Senin (13/5 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
14 Mei 2019 11:40 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebanyak 28 siswa SMK di Sukoharjo meraih nilai sempurna atau 100 pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pengumuman kelulusan UNBK siswa jenjang SMA dan sederajat dilakukan di sekolah masing-masing, Senin (13/5) sekitar pukul 15.00 WIB. Pantauan Espos, tidak ada aktivitas siswa kelas XII di area sekolah. Mereka dilarang mencorat-coret seragam di kawasan sekolah. Mereka juga dilarang konvoi. Akhirnya  puluhan siswa berkumpul dan melakukan aksi corat-coret seragam sekolah di sekitar Alun-alun Satya Negara.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Sukoharjo, Mujiono, mengatakan jumlah siswa yang mendapat nilai sempurna sebanyak 28 siswa. Mereka berasal dari SMKN 1 , SMKN 4, SMKN 3,  dan SMKN 6 Sukoharjo. Jumlah siswa peraih nilai sempurna turun dibanding 2018. Tahun lalu, yang meraih nilai 100 lebih dari 30 siswa.

“Para siswa kesulitan mengerjakan soal HOTS [Higher Order Thinking Skills] saat UNBK,” kata Mujiono saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Senin (13/5/2019).

Pria yang akrab disapa Muji ini memerinci sekolah yang siswanya meraih nilai sempurna. Jumlah siswa peraih nilai UN sempurna paling banyak di SMKN 1  sebanyak 21 siswa. Sementara siswa peraih nilai sempurna di SMKN 6  sebanyak empat orang, SMKN 3  dua orang dan SMKN 4  satu orang.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Sukoharjo, Sukamto, mengatakan ada empat siswa yang meraih nilai sempurna. Dua siswa meraih nilai sempurna mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, sedangkan dua siswa lainnya meraih nilai sempurna pada Bahasa Inggris dan Kimia. (Bony Eko Wicaksono)