Solopos Hari Ini: Ironi Petahana Minim Dukungan

Harian Umum Solopos edisi Rabu (15/5 - 2019).
15 Mei 2019 09:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO —Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) petahana di Soloraya hanya meraup puluhan hingga ratusan suara dalam Pemilu 2019. Anjloknya suara caleg petahana itu dipengaruhi beragam faktor mulai persaingan di internal partai hingga kekuatan partai lain yang mendominasi.

Dua anggota DPRD Boyolali yang kembali menjadi caleg dalam Pemilu 2019 gagal mendulang suara maksimal. Caleg Partai Golkar Esta Ady Atmoko hanya mendapatkan 70 suara. Sedangkan caleg Partai Demokrat Santoso Budi Raharjo hanya meraup 747 suara.

Kabar mengenai anjloknya perolehan suara caleg petahana pada Pemilu 2019 itu menjadi sorotan utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (15/5/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di E-Paper Solopos.

Selain itu, Harian Umum Solopos edisi hari ini juga menyajikan kabar penangkapan terduga teroris yang dilakukan Densus 88. Sebanyak delapan orang itangkap di Jateng, sedangkan satu orang diciduk di Jatim.

8 Orang Ditangkap di Jateng, 1 di Jatim

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap delapan terduga teroris di beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng), Selasa (14/5/2019). Penangkapan juga dilakukan di Madiun, Jawa Timur (Jatim).

Dari delapan terduga teroris yang ditangkap di Jateng, tiga di antaranya ditangkap di Soloraya yaitu dua orang di Gemolong, Sragen, dan satu orang di Kartasura, Sukoharjo. Sisanya ditangkap di Magelang, Grobogan, hingga Kudus.

Simak selengkapnyd di: E-Paper Solopos.

Sedagkan di halaman Soloraya, ada ulasan mengenai arus mudik untk Lebaran 2019. Ada pula prediksi tiga istri kades di Sukoharjo yang berpeluang lolos menjadi anggota DPRD.

Mudik Pakai Bus Diminati Lagi

Antusiasme warga untuk mudik menggunakan angkutan darat berupa bus umum diperkirakan naik seiring dengan berfungsinya tol trans Jawa untuk masa angkutan Lebaran tahun ini. Mahalnya harga tiket pesawat terbang juga membuat lebih banyak orang kembali menggunakan bus.

Pemilik agen tiket bus Jawa Baru Overland, Tri Suhendri, mengatakan sudah banyak warga yang memesan tiket bus untuk mudik Lebaran.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

3 Istri Kades Berpeluang ke DPRD

Tiga istri kepala desa (kades) di Sukoharjo yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) diperkirakan melenggang mulus ke parlemen. Ketiga caleg perempuan itu berasal dari PDIP yang bersaing sengit dengan caleg lainnya di Daerah Pemilihan (Dapil) II dan III.

Jumlah caleg perempuan yang diperkirakan meraih kursi legislatif sebanyak 10 kursi. PDIP menyumbang enam kursi meliputi dua kursi petahana dan empat kursi yang diraih caleg pendatang baru.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.