Taklukkan soal HOTS, 32 Siswa SMAN 1 Sukoharjo Raih Nilai 100

Suasana Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). (M. Ferri Setiawan )
15 Mei 2019 11:00 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO –SMAN 1 Sukoharjo menorehkan prestasi manis saat hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diumumkan. Sebanyak 32 siswa SMAN 1 Sukoharjo mendapat nilai 100 atau sempurna. Jumlah peraih nilai sempurna pada kelulusan ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Sri Suwarsih, mengatakan 32 siswa kelas XII itu meraih nilai 100 di berbagai mata pelajaran (mapel) yang diujikan. "Di setiap mapel yang diujikan ada yang meraih nilai sempurna. Ini berkat kerja keras siswa saat mendalami materi ujian," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (14/5/2019).

Sekolah-sekolah negeri lainnya hanya ada 4-10 siswa yang meraih prestasi serupa. "Tahun lalu, tidak ada siswa yang meraih nilai sempurna. Saya tidak tahu apa penyebabnya," ujar dia.

Sri tak memungkiri para siswa kesulitan mengerjakan UNBK lantaran ada soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Naskah soal HOTS bersifat pemahaman sehingga para siswa harus berpikir lebih keras saat mengerjakan soal.