Libur Lebaran! Banyak Agenda Wisata Solo

Anak-anak bermain di wahana permainan di kompleks Taman Balekambang Solo, Jumat (21/12 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
18 Mei 2019 05:00 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO—Tiga event akbar saat musim Lebaran di Kota Solo bakal menarik ribuan wisatawan untuk menyemarakan event itu. Dinas Pariwisata berupaya pelaksanaan kegiatan berlangsung maksimal khususnya dalam pelayanan kepada wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kota Solo, Hasta Gunawan, kepada Solopos.com, Jumat (17/5/2019) mengatakan saat ini telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Perhubungan Kota Solo untuk bersama-sama menyukseskan event akbar di Kota Solo. Ia meminta, dua organisasi perangkat daerah itu untuk memantau dan memastikan pelaksanannya agar wisatawan mau kembali lagi ke Kota Solo.

“Koordinasi terus kami lakukan sesuai arahan Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo. Dinas Perdagangan untuk fokus kepada pengawasan para pedagang dalam memberikan kepastian harga sedangkan Dinas Perhubungan terkait pengelolaan parkir dan lalu lintas,” ujarnya.

Ia menambahkan pada 4-9 Juni Kota Solo memiliki beberapa agenda yakni Bakdan Ing Balekambang yang dimeriahkan oleh stan kuliner dari berbagai UMKM dan festival hiburan. Pada 5-9 Juni merupakan pekan syawalan yang digelar di Taman Satwa Taru Jurug dan Bakdan Ing Solo pada 7-9 Juni. Ditambah Kampung Ramadan di Laweyan dan Jayengan Kota Solo. Ia menambahkan, banyaknya kegiatan menarik, masyarakat harus pula memberikan pelayanan maksimal.

Kasi Panwasdal Bidang Perparkiran, Dishub Solo, Agus Panwasdal, mengatakan pembinaan kepada juru parkir dilakukan selama empat kali dalam sebulan. Ia menegaskan tidak ada tarif khusus yang dibuat Pemkot pada musim Lebaran. Sehingga tarif parkir tetap sesuai dengan zona wilayah dengan ketentuan progresif. Ia menyilakan kepada jukir untu menerapkan tarif progresif namun harus jelas dan sesuai ketentuan.