Dishub PKP dan Polres Karanganyar Cek Kelaikan Bus Lebaran

Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, memandu Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, saat melaksanakan ramp check bus angkutan Lebaran di PO Rosalia Indah, Selasa (21/5/2019). - Sri Sumi Handayani
23 Mei 2019 23:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dishub PKP dan Polres Karanganyar mengecek kelaikan bus yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran 2019, Selasa (21/5/2019).

Pengecekan dilakukan di garasi dua Perusahaan Otobus (PO) di Kabupaten Karanganyar, yakni PO Rosalia Indah dan PO Langsung Jaya. Sejumlah petugas Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan pada sejumlah armada di PO Rosalia Indah dan Langsung Jaya.

Mereka mengecek lampu sign, klakson, kondisi ban, kondisi rem, kondisi fisik bus, perlengkapan keselamatan, dan lain-lain. Hasil pengecekan armada bus yang akan digunakan sebagai angkutan mudik dan balik Lebaran laik. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rober Christanto, menyampaikan ramp check angkutan Lebaran rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Melihat kesiapan armada yang akan digunakan mudik Lebaran. Kondisi semua bus siap. Hari ini [Selasa] Rosalia Indah mengadakan bimbingan terhadap sopir. Luar biasa kesiapannya," kata Rober saat ditemui wartawan seusai mengecek salah satu bus angkutan Lebaran di garasi PO Rosalia Indah.

Di hadapan awak bus Rosalia Indah, Rober mengingatkan agar seluruh awak bus menjaga stamina, kesehatan, dan tidak boleh mabuk-mabukan. "Jaga stamina karena membawa banyak orang. Tidak boleh mabuk. Sebelum berangkat berdoa. Meminta kepada Tuhan diberikan keselamatan," ujar dia.

Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, menyampaikan imbauan kepada seluruh pemilik PO di Kabupaten Karanganyar. Salah satu imbauannya adalah pemilik PO tidak boleh nekat mengoperasikan bus yang tidak laik jalan dan tidak sesuai ketentuan. Armada Lebaran yang dinyatakan laik jalan dipasangi stiker bahwa bus tersebut sudah melewati ramp check.

"Kami masih akan lanjut cek ke garasi PO lain di Kabupaten Karanganyar. Kami ingatkan tidak boleh mengoperasikan bus yang tidak sesuai ketentuan. Kami kerjakan pembinaan," tutur Sundoro saat berbincang dengan wartawan seusai mengecek bus di garasi PO Langsung Jaya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Rosalia Indah Transport, Yustinus Soeroso, menyampaikan pihaknya menyiapkan 300 bus reguler dan bus cadangan sebanyak 10% dari bus reguler atau 30 unit untuk angkutan Lebaran 2019. Sebanyak 600 orang awak bus akan turun selama Lebaran. Soeroso menyampaikan seluruh tiket bus terjual untuk mudik maupun balik Lebaran.

"Segala jurusan ramai saat mudik maupun balik Lebaran, seperti Sumatera dan Jakarta. Soal pembekalan itu supaya mereka [awak bus] memperhatikan tata tertib, tidak mengemudi ugal-ugalan, jaminan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Dokter perusahaan akan mengecek awak bus sebelum berangkat terutama yang sakit gula, paru-paru. Kalau enggak layak jalan, enggak ditugaskan," jelas dia.

Harga tiket bus Rosalia Indah naik 60% dibandingkan tahun lalu. Hal itu mempertimbangkan tarif tol, bahan bakar minyak (BBM), dan kompensasi saat bus ke kota tujuan dalam kondisi kosong. Rata-rata harga tiket bus Rosalia Indah ke Jakarta Rp250.000.

Hal senada disampaikan Perwakilan PO Langsung Jaya, Agus Eko. Langsung Jaya akan mengoperasikan 20 bus untuk Lebaran 2019. "Tujuan ke Jakarta semua. Solo-Yogyakarta dan Solo-Tawangmangu tetap jalan tetapi hanya beberapa. Bus mudik menggunakan AC semua. Jumlah bus untuk Lebaran tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu 40 bus. Itu berkaitan dengan kondisi bus saja," tutur dia.