Polresta Solo Pastikan Pos Polisi Fajar Indah Terbakar Karena Sampah Kering

Salah seorang saksi, Ahmad Arifin, menunjukan lokasi yang diketahui sebagai asal mula api pada Jumat (24 - 5) pagi. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)
24 Mei 2019 12:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Polresta Solo memastikan Pos Lalu Lintas Simpang Empat Fajar Indah tidak dibakar. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (24/5/2019) dini hari di pos tersebut dari sampah-sampah daun kering di belakang pos tersebut.

Pos polisi tersebut langsung diperbaiki oleh Polresta Solo. Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, saat dijumpai wartawan di Mapolresta, Jumat (24/5/2019), mengatakan sekitar pukul 01.40 WIB, polisi mendapat laporan mengenai api yang terlihat di belakang pos lalu lintas.

Api lantas merambat mengenai kusen pos lalu lintas yang sedang kosong. Pos lalu lintas tersebut setiap harinya masih aktif digunakan. Sementara itu, barang bukti kusen kayu yang terbakar kini diamankan.

Ia menambahkan pos polisi itu langsung diperbaiki dengan dicat ulang. Hal itu dikarenakan kebakaran pos itu tergolong tidak berat, hanya beberapa kusen jendela dan cat-cat yang terkena asap.

“Kami sudah mengecek penyebab kebakaran karena sampah di belakang pos. Api berasal dari belakang. Banyak daun-daun kering di lokasi, apalagi musim kemarau saat ini rawan terbakar. Kami melakukan penyelidikan terus, masyarakat kami harapkan tenang,” ujarnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo.

Menurutnya, pengecekan itu melibatkan Labfor Polresta Solo untuk menyelidiki penyebab terbakarnya pos lantas itu. Saksi-saksi di tempat kejadian juga mengatakan api berasal dari belakang pos yang merupakan lahan kosong.

Kerusakan pos hanya bagian-bagian tertentu seperti tralis dan tembok yang terkena asap. Ia menegaskan sebagai antisipasi hal serupa ia telah memerintahkan agar kebersihan di sekitar pos-pos lantas selalu terjaga.

“Kemungkinan pada siang atau sore harinya ada orang yang membakar sampah sehingga dampaknya pos terkena api. Kalau yang di dekat Tugu Makuto kami sedang selidiki apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Solo tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini Satreskrim sedang melakukan pengecekan di sejumlah kamera pengawas. Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan bersama kepolisian sudah mengecek kamera pengawas di wilayah tersebut. Namun, kamera pengawas tidak mengarah ke pos.

Pos Lalu Lintas Satlantas Polresta Solo di Simpang Tiga Fajar Indah terbakar pada Jumat dini hari. Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi kejadian, jendela pos lantas di sebelah timur mengalami kerusakan.

Bagian belakang pos hangus pada beberapa sisi. Sementara di dalam pos, hanya hangus pada tembok. Perlengkapan seperti meja tidak terbakar.

Salah satu saksi, Ahmad Arifin, warga Kecamatan Banjarsari yang juga penjaga Karaoke Bintang di seberang pos polisi itu mengatakan api kecil semula terlihat sekitar pukul 01.40 WIB di sebelah belakang pos polisi. Api lantas merambat ke bagian belakang dan dalam pos.

Ia lantas mengambil alat pemadam api ringan bersama warga lainnya untuk memadamkan api. "Tahu-tahu saya mengetahui sudah ada api dari belakang pos. Mobil pemadam kebakaran datang tiga unit tapi sudah padam," ujarnya.

Menurutnya, kebakaran hanya terjadi sekitar sepuluh hingga lima belas menit. Api hanya membakar bagian samping sebelah timur dan belakang pos.