Jumat, 6.829 PNS KPPN Klaten Terima THR Totalnya Rp26,3 Miliar 

Pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Klaten memberikan pelayanan di kantor setempat, Kamis (23/5/2019). (Solopos - Ponco Suseno)
24 Mei 2019 01:00 WIB Ponco Suseno Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Klaten yang berjumlah 6.829 orang akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2019 dengan nilai total Rp26,3 miliar, Jumat (24/5/2019). 

“Di KPPN ada 68 kantor [seperti satuan kerja]. Sejauh ini, surat perintah membayar [SPM] atau pun surat perintah pencairan dana [SP2D] sudah beres. Besok [hari ini] tinggal dicairkan secara langsung ke masing-masing rekening milik para pegawai,” kata Kepala KPPN Klaten, Yoyok Yulianto, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (23/5/2019).  

Yoyok Yulianto mengatakan pencairan THR ditujukan meningkatkan kesejahteraan para PNS di lingkungan KPPN Klaten. PNS diharapkan dapat membelanjakan THR sesuai prioritas kebutuhan sehari-hari. 

“Besaran THR sama persis dengan gaji bulanan yang diterima masing-masing pegawai. Kami berharap THR dapat dibelanjakan secara selektif. Jangan sampai belanja secara berlebihan. Di saat mendekati Lebaran seperti ini, kami juga menekankan ke setiap pegawai agar tidak menerima gratifikasi dari siapa pun,” katanya. 

Selain PNS, lanjut Yoyok Yulianto, sejumlah pegawai pemerintah nonpegawai negeri (PPNPN) di lingkungan KPPN Klaten juga akan memperoleh THR. Besaran THR yang diperoleh PPNPN sesuai dengan gaji yang diperoleh masing-masing PPNPN setiap bulannya.

“Pencairan THR yang berlangsung besok [hari ini] sudah sesuai waktu yang telah ditentukan,” katanya. 

Selain telah menyiapkan THR Lebaran 2019 bagi para pegawainya, KPPN Klaten juga akan menyiapkan gaji ke-13 yang dicairkan pada Juli 2019. Pencairan gaji ke-13 dilakukan setelah pencairan gaji Juli 2019.

“Besarnya gaji ke-13 hampir sama dengan THR. Kalau gaji ke-13 dicairkan untuk membantu meringankan para pegawai  di saat memasuki tahun pelajaran atau tahun ajaran baru bagi anak-anaknya. Di sini kami sampaikan pula, KPPN Klaten akan mencairkan gaji bulanan pada tanggal 1 setiap bulannya, mulai Juni 2019. Hal ini berbeda dengan pencairan gaji di bulan-bulan sebelumnya, yakni dilakukan saat hari kerja pertama di setiap bulannya,” katanya.