Solopos Hari Ini: 642.789 Orang Mudik ke Solo

Harian Umum Solopos edisi Senin (27/5 - 2019).
27 Mei 2019 10:20 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Puncak arus mudik Lebaran 2019 di Kota Solo dan sekitarnya diprediksi terjadi pada Jumat (31/5/2019). Diperkirakan 642.789 orang akan mudik ke Kota Solo dan sekitarnya.

Puncak arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi maju dari tahun-tahun sebelumnya karena masa libur Lebaran dimulai Kamis (30/5/2019) yang bersamaan dengan libur Kenaikan Isa Almasih. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo Ari Wibowo mengatakan para pemudik dari Ibu Kota akan tiba di Kota Solo mulai Jumat pagi hingga Jumat malam.

Kabar mengenai arus mudik Lebaran 2019 itu menjadi sorotan utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (27/5/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, ada kabar utama mengenai tuntutan Prabowo Sandi teradap MK terkait hasil Pilpres 2019. Tujuh tuntutan diajukan dalam permohonan sengketa hasil Pilpres 2019.

Prabowo-Sandi Tuntut Jadi Pemenang atau Pemilu Ulang

Capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan tujuh tuntutan dalam permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 di Makhamah Konstitusi (MK). Tuntutan itu di antaranya Prabowo-Sandi ditetapkan sebagai presiden-wakil presiden atau pemungutan suara ulang di seluruh Indonesia.

Tujuh tuntutan dari Prabowo-Sandi itu tercantum dalam dokumen permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 yang diperoleh Espos, Minggu (26/5/2019). Namun, permohonan itu dinilai tidak sesuai dengan UU No. 7/2017 tentang Pemilu.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sementara itu, di halaman Soloraya terdapat kabar utama mengenai bentrok jalanan d Klaten yang merenggut nyawa seorang pemuda. Ada pula ulasan mengenai pencurian padi di Klaten.

Bentrok Jalanan Renggut Nyawa

Kejahatan jalanan menelan korban jiwa di Kota Solo ketika Hendi Aji Santoso alias Bendot, 18, warga Wonosari, Klaten, tewas setelah dilempar batu oleh sekelompok orang tidak dikenal pada Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 01.45 WIB. Peristiwa itu terjadi di kawasan Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan, tepatnya di depan diler sepeda motor Sumber Baru Rejeki.

Korban meninggal dalam perjalanan menuju ke rumah sakit. Rekan korban, Ardian Maulana, kepada wartawan mengatakan sebelumnya dia beserta rombongannya melaju di Jl. Gatot Subroto dari arah selatan ke utara.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Pencuri Babat Padi Siap Panen

Ulah pencuri membuat kalangan petani di Desa Bowan, Kecamatan Delanggu, Klaten, jengkel. Sebagian tanaman padi siap panen dibabat pencuri.

Salah satu korban aksi itu adalah Kamoyo, 62. Kamoyo tambah kesal lantaran pencuri meninggalkan jerami di tepi tanaman. "Padi yang masih melekat pada jerami tidak diambil. Yang diambil itu padi yang kualitasnya bagus, sudah rontok," kata Kamoyo saat ditemui Espos di pematang sawah miliknya, Minggu (26/5/2019).

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.