Wahana Baru Jurug Solo Zoo Bikin Lebaran Berkesan

Pengunjung menikmati danau Solo Zoo. (Istimewa)
27 Mei 2019 22:40 WIB Shoqib Angriawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo menyiapkan sejumlah agenda pekan syawalan untuk memeriahkan libur Lebaran. Tempat wisata yang juga dikenal dengan Jurug Solo Zoo ini bakal menghadirkan lagi Kirab Joko Tingkir dan dua wahana baru untuk pengunjung.

Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan Pekan Syawalan Jurug bisa dinikmati pengunjung mulai Rabu-Minggu (5-9/5/2019). Kirab Joko Tingkir kali ini akan menampilkan pertunjukan yang lebih menarik dibanding sebelumnya. Rencananya, Kirab Joko Tingkir sebagai acara puncak Pekan Syawalan Jurug ini digelar pada Minggu (9/6/2019) mulai pukul 09.00 WIB.

“Kirab Joko Tingkir kali ini akan melibatkan ratusan peserta dari prajurit keraton Solo, PDAM, Satpol PP, hingga tokoh kesenian di Solo. Mereka akan menempuh rute sekitar 2 km dari Kelurahan Pucangsawit, Taman Ronggowarsito, Taman Jurug, lalu ke tepi danau sebelah timur Jurug. Lalu akan ada pula sendratari kolosal Joko Tingkir,” jelasnya saat ditemui Solopos.com, Jumat (24/5/2019).

Kirab juga akan membawa gunungan sayur, buah dan 5.000 ketupat. Gunungan ini akan diperebutkan oleh masyarakat. Bimo menargetkan puncak acara ini bisa menggaet hingga 12.000 pengunjung.

Suasana di Solo Zoo (Istimewa)

Saat pekan syawalan, Jurug Solo Zoo juga akan meluncurkan dua wahana baru, yaitu Kolam Keceh dan Tangkap Ikan. Anak-anak bisa bermain di Kolam Keceh yang memiliki kedalaman air sekitar 60 cm. Di kolam tersebut juga telah disiapkan ember besar berisi air yang bisa tumpah saat penuh.

“Jadi anak-anak bisa basah-basahan di sini dan bisa melanjutkan ke Tangkap Ikan. Di tempat ini mereka bisa menangkap ikan secara langsung. Jangan khawatir yang tidak bisa menangkap ikan, ketika pulang akan kami kasih ikan juga,” ujarnya.

Suasana Jurug Zoo (Istimewa)

Untuk memasuki wahana di Kolam Keceh pengunjung cukup membayar Rp15.000. Sedangkan wahana tangkap ikan cukup membayar Rp10.000.
Jurug Solo Zoo juga telah menyiapkan panggung hiburan yang diramu dengan pasar malam dan pasar siang. Kehadiran destinasi baru ini diharapkan bisa menghibur pengunjung yang hadir saat pekan syawalan.

Pengunjung menikmati Solo Zoo (Istimewa)

Saat ini Jurug Solo Zoo memiliki koleksi 86 spesies hewan dengan total 380 ekor. Terakhir, mereka menambah koleksi tiga ekor rusa sambar dan empat ekor kijang. Pengunjung juga bisa memberikan makanan kepada sejumlah hewan yang diperbolehkan, yaitu domba batur, kambing ceko, kelinci, rusa kuku belah (rusa timur, rusa sambar, rusa tutul black bug, nilgae, sitatunga dan lainnya).

Keluarga berswafoto (Istimewa)

“Pengunjung juga bisa berswafoto dengan hewan seperti burung dan kura-kura. Kami berharap pengunjung bisa menikmati hiburan murah tapi mewah di Solo Zoo,” jelasnya. Selama pekan syawalan tiket masuk Jurug Solo Zoo tidak ada kenaikan yakni Rp20.000/pengunjung.