Ditinggal Sopir Makan, Truk Pengangkut Sapi Jalan Sendiri dan Terguling di Boyolali  

Truk Toyota Hino pengangkut sapi terguling ke sirkuit gokart timur Mapolres Boyolali, Senin (27/5/2019). (Istimewa - T. Irvani)
28 Mei 2019 11:45 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Truk yang mengangkut 21 ekor sapi nggelondor dan terguling ke sirkuit gokart Boyolali, Senin (27/5/2019). Sedianya sapi-sapi itu hendak dikirim ke Kalimantan. 

Akibat kejadian sapi-sapi itu urung dikirim, bahkan satu ekor di antaranya tidak bisa diselamatkan karena tergencet bak truk. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sapi-sapi milik seorang pedagang ternak itu dikumpulkan dari berbagai tempat di Boyolali dan sekitarnya untuk dikirim ke Kalimantan. 

Mereka diangkut menggunakan truk Toyota Hino B 9114 RB yang disopiri Samsul Huda, 21, warga Maron, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Di tengah perjalanan menyusuri jalan Semarang-Solo ke arah timur, saat hari menjelang Magrib, Samsul berniat istirahat  dan makan di warung sekitar Mapolres Boyolali

Samsul mengarahkan truknya belok kiri masuk ke jalan tepat di timur Kantor Dinas Perhubungan yang berbatasan dengan sirkuit gokart Boyolali. Setelah memarkir truknya menghadap utara, Samsul meninggalkannya dan pergi ke salah satu warung di sana.

Namun entah apa penyebabnya, truk berwarna hijau tanpa awak itu tiba-tiba bergerak/berjalan sendiri (nggelondor) di jalan yang sedikit menurun itu. Truk terus meluncur tak terkendali beberapa meter dan kemudian oleng ke kanan (timur) hingga terjerembab ke lahan sirkut gokart. 

Padahal sirkuit itu posisinya 3 meter lebih rendah dibandingkan jalan tersebut sehingga membuat truk terguling dan terbalik. Sapi-sapi yang semuanya terikat itu tidak dapat melepaskan diri dan hanya bisa mengikuti gerakan truk hingga mereka tergencet bak truk. 

Bahkan satu ekor sapi di antaranya mati seketika. Beberapa saat kemuduan, warga sekitar dan petugas berbagai unsur langsung menolong dan mengevakuasi sapi-sapi yang masih hidup menjauh dari lokasi.

Kanit Lakalantas Polres Boyolali Ipda Utomo mewakili Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. “Saat itu truk ditinggal sopir makan, tiba-tiba truknya jalan sendiri dan terguling ke sirkuit,” ujarnya, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, hingga tadi malam sapi-sapi sudah diangkut lagi ke kandang pemilik/pedagang ternak menggunakan truk lain. Sedangkan evakuasi truk akan dilakukan hari ini.