24 Warga Baturetno Wonogiri Sakit Seusai Hadiri Kenduren, 1 Orang Meninggal

Ilustrasi Keracunan (Solopos - Whisnupaksa)
28 Mei 2019 12:15 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Sekitar 24 orang dilarikan ke rumah sakit dan satu di antaranya meninggal dunia diduga akibat keracunan massal di Desa/Kecamatan Baturetno, Wonogiri, Senin (27/5/2019) malam.

Aparat Polres Wonogiri masih menyelidiki kasus tersebut. “Kami sedang penyelidikan dan penyidikan. Kejadian itu baru tadi malam [Senin malam]. Upaya-upaya penanganan sudah kami lakukan dengan membawa korban ke rumah sakit dan lainnya untuk perawatan lebih lanjut. Namun, ternyata ada satu yang tidak tertangani [meninggal dunia],” kata Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, saat ditemui wartawan di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (28/5/2019).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, keracunan di Desa Baturetno bermula saat sejumlah warga menghadiri acara kenduri memperingati 40 hari meninggalnya salah satu warga setempat, Minggu (26/5/2019). Mereka menyantap nasi kotak berisi nasi, ayam goreng kremes, sambal, dan lalapan dari pelaksana acara. 

Makanan itu dipesan keluarga pelaksana acara dari salah satu warung di Kecamatan Baturetno. Namun, pada Senin sore, ada tujuh warga dilarikan ke Rawat Inap Puskesmas Baturetno I. Mereka mengalami gejala mual, perut mulas, dan muntah. 

Jumlah itu terus bertambah hingga pada Selasa dini hari tercatat ada 24 orang mengalami keluhan serupa. Secara terperinci, jumlah itu adalah 13 rawat jalan, 10 rawat inap, dan satu orang meninggal dunia.

Korban meninggal dunia itu adalah Purwanto, 48, warga Dusun Duwet Lor, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno. Saat dibawa ke Rawat Inap Puskesmas Baturetno I, Purwanto sudah meninggal dunia. 

Penyebab kematian Purwanto masih diinvestigasi Dinas Kesehatan Wonogiri dan Polsek Baturetno. Hingga Selasa siang ini Dinas Kesehatan Wonogiri masih memintai keterangan warga yang menghadiri acara kenduri itu dan mengambil sampel makanan untuk diuji laboratorium.