Ini Cara Dishub Solo Cegah Jukir Terapkan Tarif Ugal-Ugalan saat Libur Lebaran

ilustrasi parkir. (Solopos/Dok)
01 Juni 2019 20:30 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Tarif parkir di Kota Solo tak berubah selama musim Lebaran 2019. Tarif parkir tetap berjalan seperti umumnya sesuai dengan ketentuan dan zonasi parkir yang diberlakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Dinas Perhubungan Kota Solo telah mencetak seratusan id card khusus untuk petugas parkir selama musim Lebaran.

Kasi Parkir Umum dan Khusus, Bidang Perparkiran, Dinas Perhubungan Kota Solo, Henry Satya Negara, saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (31/5/2019), mengatakan telah menyosialisasikan berbagai kententuan parkir kepada pengelola dan petugas parkir untuk menghindari konflik sosial.

Menurutnya, ada beberapa permasalahan yang muncul pada musim Lebaran seperti penarikan melebihi ketentuan tarif atau petugas parkir tidak memberikan karcis parkir. Ketentuan tidak berubahnya tarif parkir belaku pada kantung parkir on the street maupun off the street atau gedung parkir.

“Dicetaknya id card khusus selama musim Lebaran merupakan antisipasi terjadinya penyalahgunaan oleh petugas parkir liar untuk menghindari permasalahan dengan masyarakat. Id card diberikan pada wisata Lebaran seperti Bakdan Ing Balekambang, Taman Satwa Taru Jurug, Bakdan Ing Solo, dan Pasar Malam Purwosari,” ujarnya.

Ia menegaskan pengelola parkir di gedung parkir atau selain di bahu jalan wajib memberikan informasi tarif parkir berupa papan petunjuk.Sementara itu, penarikan tarif parkir bahu jalan apabila hendak menerapkan tarif progesif wajib mencatat waktu masuk dan keluar kendaraan. 

“Kami sudah mengultimatum petugas parkir untuk tidak mencetak tiket parkir sendiri atau mencoret nominal parkir. Apabila ditemukan pelanggaran kami akan memberi surat peringatan pertama dengan melubangi id card petugas parkir hingga yang paling buruk pencabutan izin petugas parkir,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Parkir Solo, (Asparta), Ngadiyo, mengatakan telah mengintruksikan anggotanya untuk tetap tertib aturan Pemerintah Kota Solo. Apabila ditemukan pelanggaran petugas parkir, ia menyerahkan penindakannya kepada Dinas Perhubungan Kota Solo.