Solopos Hari Ini: KA Jadi Primadona Pemudik

Harian Umum Solopos edisi Senin (3/6 - 2019).
03 Juni 2019 11:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Tiga hari menjelang Idulfitri, Minggu (2/6/2019), para pemudik terus memadati berbagai moda transportasi umum di Jakarta baik stasiun, bandara, hingga terminal. Sebagian besar pemudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan mengangkut sebanyak 997.000 penumpang selama 22 hari masa mudik dan balik Lebaran 2019, yakni sejak 26 Mei 2019 sampai 16 Juni 2019. Senior Manager Humas PT KAI Daops I Eva Chairunisa mengatakan optimisme itu muncul lantaran hingga H-3 Lebaran, Minggu, sekitar 215.000 pemudik yang diberangkatkan menggunakan KA dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Kabar terbaru mengenai arus mudik Lebaran 2019 itu menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (3/6/2019). Berita tersebut bisa dibaca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga dihiasi dengan kabar pemakaman jenazah Ani Yudhyono. Ani dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Flamboyan Telah Pergi Namun Tetap di Hati

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pemakaman istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ibu Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019). Ani Yudhoyono yang meninggal di National University Hospital Singapura, Sabtu (1/6), itu disemayamkan di Puri Cikeas, Bogor, kemudian dimakamkan di TMP Kalibata.

Hadir dalam upacara itu sejumlah tokoh. SBY awalnya menyalami Boediono, B.J. Habibie, dan Iriana Jokowi. Setelah itu, SBY bersalaman dengan Megawati Soekarnoputri. Keduanya tampak mengobrol singkat.

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar terbaru dari konflik perguruan silat. Ada pula kabar kedatangan para pemudik di Karanganyar.

Semua Sepakat Robohkan Tugu

Pengurus dua perguruan silat di Kabupaten Wonogiri yang terlibat bentrok massal sepakat merobohkan semua tugu penanda perguruan itu. Dua perguruan silat yang terlibat bentrokan massal beberapa waktu lalu itu adalah Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Wonogiri dan Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo (PSHW)Wonogiri.

Mereka bersepakat merobohkan tugu penanda perguruan di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri paling lambat pada Minggu (2/6/2019). Langkah itu untuk menghindari konflik antaranggota perguruan silat itu pada masa yang akan datang.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

1.536 Peserta Mudik Gratis Tiba di Karanganyar

Sebanyak 1.536 orang warga Kabupaten Karanganyar yang merantau di Jakarta sampai di Karanganyar pada Minggu (2/6/2019) dini hari. Mereka peserta program mudik gratis 2019.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memfasilitasi mudik gratis rutin setiap tahun menjelang Hari Raya Idulfitri. Tahun lalu, Pemkab Karanganyar menyediakan 18 unit bus untuk mudik gratis.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.