Libur Lebaran, Fasilitas Kesehatan Solo Buka 24 Jam, Disdukcapil Tutup

Ilustrasi Kesehatan (Solopos - Whisnupaksa)
03 Juni 2019 12:15 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Bengawan bakal buka 24 jam sehari selama libur Lebaran tahun ini. Sementara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tutup.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan poliklinik rumah sakit umum daerah (RSUD) dan puskesmas hanya libur dua hari, yakni pada 5-6 Juni. Selain itu, pelayanan berjalan seperti biasa.

“Puskesmas dan poliklinik RSUD melayani semua peserta jaminan kesehatan nasional [JKN] Kartu Indonesia Sehat [KIS]. Apabila Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama [FKTP] peserta JKN KIS tutup, mereka bisa mendapatkan layanan di rumah sakit,” kata dia di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, pekan lalu.

Kemudahan tersebut diberikan mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019 atau tepatnya 29 Mei-13 Juni. Ning, sapaan akrabnya, mengatakan pelayanan kesehatan tetap buka dengan sistem piket selama 24 jam.

Kendati demikian, sumber daya manusia (SDM) yang dikerahkan tidak maksimal seperti hari biasa. Dia mengatur jadwal piket bergantian agar tenaga kesehatan juga dapat memanfaatkan waktu Lebaran untuk berkumpul dengan keluarga.

“Selain itu kami juga harus membagi petugas kesehatan di posko kesehatan rest area yang didirikan Dinas Perhubungan [Dishub],” ucap dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo, Supraptiningsih, mengatakan pelayanan kependudukan pembuatan akta kematian dan kelahiran selama libur dan cuti Lebaran tidak dilayani. Pelayanan administrasi kependudukan bakal buka kembali pada 10 Juni.

“Setelah melalui evaluasi, pelayanan saat Lebaran itu tidak efektif. Sehari paling hanya satu orang. Akhirnya kami memanfaatkan masa libur itu untuk memperbaiki server,” jelas dia, Rabu.