Ini 5 Lokasi Utama Salat Idulfitri, Bupati Wonogiri Salat di Selogiri

Umat Islam melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 Hijriah di Bandung, Jawa Barat , Minggu (25/6 - 2017). (Bisnis / Dedi Gunawan)
04 Juni 2019 13:00 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Wonogiri menetapkan lima lokasi utama Salat Idulfitri (Id) di kawasan kota, Rabu (5/6/2019) mendatang. Lima lokasi itu di antaranya halaman Masjid Agung At Taqwa hingga alun-alun.

Sementara Bupati Joko Sutopo dijadwalkan Salat Id di Lapangan Pule, Selogiri. Pejabat Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Mursyidi, kepada Solopos.com, Senin (3/6/2019), menginformasikan lokasi yang ditetapkan menjadi lokasi utama Salat Id tahun ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Selain halaman Masjid Agung At Taqwa, empat lokasi lainnya meliputi Stadion Pringgodani Wonokarto, Lapangan Bantarangin Wonoboyo, Lapangan Sukorejo depan Satlantas Polres Wonogiri, dan Halaman Makodim/0728 hingga jalan raya.

Pelaksanaan Salat Id di lokasi tersebut akan diamankan polisi didukung personel Kodim. Saat ini panitia masih mempersiapkan lokasi, seperti membuat garis saf menggunakan tali dan pilox.

“Pelaksanaannya menunggu pengumuman pemerintah. Tapi kemungkinan besar Idul Fitri 5 Juni,” kata dia melalui telepon.

Dia memastikan ceramah seusai Salat Id akan berisi hal-hal yang menyejukkan. Secara umum, isi ceramah yakni ihwal makna Idulfitri, penyampaian pesan-pesan perdamaian, dan ajakan untuk selalu merawat kerukunan antarumat beragama dan persatuan bangsa.

PHBI mengimbau penyelenggara Salat Id mengarahkan penceramah untuk tidak menyampaikan hal-hal sensitif yang kontroversial, terlebih dapat memecah belah umat. Terpisah, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menginformasikan dirinya dan keluarga besar kemungkinan akan menjalankan Salat Id di Lapangan Pule atau Lapangan Jaten, Selogiri.

Lelaki yang akrab disapa Jekek itu mengaku biasa Salat Id di dua lokasi itu pada tahun-tahun sebelumnya. Terpisah, Wakil Bupati, Edy Santosa, mengatakan dirinya dan keluarga akan menjalankan Salat Id di halaman depan Masjid Agung At Taqwa. Setiap tahun dirinya dan keluarganya Salat Id di lokasi tersebut.

Berikut lima lokasi utama Salat Idul Fitri di Wonogiri:
Halaman Masjid Agung At Taqwa
- Imam: MUI Wonogiri
- Katib: Subadi

Stadion Pringgodani, Wonokarto
- Imam: Jumadi
- Katib: Seno Hadi Sumitro

Lapangan Bantarangin, Wonoboyo
- Imam: Abdi Sambodo Al Hafiz
- Katib: Aliudin

Lapangan depan Satlantas Polres Wonogiri
- Imam: Dahlan Alwi
- Katib: Agung Syaifullah Umar

Halaman Makodim
- Imam: Muhammad Yusyfarijal Ma’ruf
- Katib: Kusman Thoha

Sumber: Kantor Kemenag