Seusai Salat Id, Wawali Solo Bagi-Bagi Uang Fitrah

Umat islam mendengarkan tausiah seusai Salat Idulfitri di Balai Kota Solo, Rabu (5/6/2019). (Solopos - M. Ferri Setiawan)
05 Juni 2019 08:40 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, menyapa warga yang berkumpul di Balai Kota Solo seusai Salat Idulfitri, Rabu (5/6/2019). Selain menyapa, Purnomo juga membagikan uang fitrah kepada masyarakat.

Pantauan Solopos.com, ratusan warga mengantre di Balai Kota Solo sehabis melaksanakan ibadah Salat Id. Mereka antre berjumpa Wakil Wali Kota Solo bersama keluarganya di Balai Kota Solo. Antrean diatur petugas Satpol PP Solo agar tidak berdesak-desakan.

Para warga mengantre dari pintu gerbang sebelah utara. Tak hanya warga yang melaksanakan ibadah Salat Id yang ikut antre, banyak pula warga lainnya yang mendatangi Balai Kota Solo.

Warga Mojosongo, Elisabeth, 24, mengatakan dia sengaja datang ke Balai Kota Solo untuk bertemu Purnomo dan keluarganya. Dia mengaku ingin bersilaturahmi pada kesempatan tersebut. Hal ini lantaran, momen tersebut merupakan kesempatan setahun sekali dia bisa bertemu dengan Purnomo.

lebaran

Warga mengantre untuk bersalaman dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo di Balai Kota Solo seusai Salat Id, Rabu (5/6/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

"Saya dari Mojosongo sekeluarga. Memang sengaja kalau setiap tahun datang untuk mempererat silaturahmi. Karena waktu seperti ini saya bisa ketemu. Tidak setiap hari bisa bertemu," jelasnya.

Kusbani, 40, mengatakan baru kali pertama itu datang ke acara Idulfitri di Balai Kota. Dia mengatakan ingin menyapa Wakil Wali Kota Solo sehabis melaksanakan ibadah Salat Id.

"Ingin silaturahmi dan bertemu. Sekadar menyapa dan mengucapkan selamat Idulfitri," bebernya.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, mengatakan kegiatan membagikan uang dan bertemu warga sehabis melaksanakan Salat Id merupakan kegiatan rutin tiap Idulfitri. Menurutnya, momen Lebaran merupakan waktu yang bagus untuk saling berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Membagikan zakat sodaqoh. Tentunya seharusnya yang menerima adalah warga yang membutuhkan. Kebetulan masyarakat banyak yang mengucapkan selamat Idulfitri kepada saya, saya juga membagikan sedikit sodaqoh kepada warga. Intinya berbagi sesama. Walaupun sedikit, tetapi bisa membahagiakan mereka," kata dia.

Salat Id di Balai Kota Solo diikuti ribuan warga. Pantauan Solopos.com, Salat Id dipimpin Ketua MUI Solo, Subari. Sedangkan tausiah disampaikan Mufrod Teguh Mulyo. Dalam tausiahnya, Mufrod menyampaikan arti sebenarnya dari fitrah saat Idul Fitri.

Selain Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, Sekda Solo Ahyani juga ikut Salat Id di Balai Kota. "Puasa dengan semua rangkaian ibadah di dalamnya, tadarus, berdzikir dan beriktikaf serta disempurnakan dengan zakat fitrah dan zakat mal semoga diterima Allah SWT. Selanjutnya dengan modal fitrah dan perbanyak silaturahim untuk menebar kasih sayang kepada sesama," kata Mufrod dalam tausiahnya.