Lebaran, Wali Kota Solo Berharap Tokoh Nasional Akur Lagi

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menunjukkan jari telunjuk sesuai memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 di TPS 28, Pucangsawit, Jebres, Solo, Rabu (17/4 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
05 Juni 2019 16:00 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berharap Lebaran ini menjadi momentum bagi tokoh nasional untuk kembali akur setelah sebelumnya bersaing dalam Pemilu dan Pilpres 2019.

Harapan itu disampaikan Rudy, sapaan akrabnya, saat diwawancarai wartawan di sela-sela menghadiri open house di rumah dinas Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, Rabu (5/6/2019).

Rudy datang ke acara itu bersama istri, Elizabeth Endang Prasetyaningsih. Pantauan Solopos.com, ratusan warga Solo dari berbagai kalangan datang dalam kegiatan yang rutin digelar seusai Salat Idulfitri tersebut.

Beberapa pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Solo seperti Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, dan Dandim 0735/Solo Letkol (Inf) Ali Akhwan tampak menghadiri open house beserta para perwira di jajaran mereka.

Sejumlah tokoh lain seperti Ketua KPU Solo Nurul Sutarti, Ketua DPRD Kota Solo Teguh Prakosa, dan aktivis kemanusiaan Solo Sumartono Hadinoto, juga terlihat hadir. Mereka antre bersama para tamu untuk bisa bersalaman dengan Wali Kota dan Wawali.

Dalam kesempatan wawancara dengan wartawan, Rudy mengimbau kepada para tokoh nasional agar saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Setelah pergulatan politik Pemilu 2019, Lebaran merupakan momentum penting untuk merajut kembali persatuan.

“Segera saja bersatu kembali untuk bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini,” sambung dia.

Menurut Rudy open house merupakan wujud soliditas jajaran Pemkot Solo yang tidak terkotak-kotak atau dikelompokkan berdasar agama. Rudy juga berharap warga Solo yang pulang kampung memanfaatkan libur Lebaran untuk saling bersilaturahmi.

Dia mengimbau agar pemudik tak membuang-buang uang dengan membakar petasan. “Pergunakan uang dengan bijak, tidak dibakar-bakar dengan menyulut petasan. Daripada dibakar mending dimanfaatkan untuk yang lebih bermanfaat. Silakan menikmati Solo yang kita cintai yang sekarang kalau malam begitu indah,” seru dia.

Salah seorang tamu open house asal RW 012 Nusukan, Banjarsari, Sumardi, 45, mengaku sengaja datang ke Rumdin Wawali untuk bersilaturahmi dengan Wali Kota dan Wawali. Dia datang mengendarai sepeda motor bersama istrinya.

Bapak dari empat orang anak itu berharap Solo di bawah kepemimpinan Rudy dan Achmad Purnomo semakin maju dan makmur ke depannya. “Tadi sudah sungkem dengan orang tua dan silaturahmi dengan tetangga. Ini sowan Pak Wali Kota,” aku dia.