3.526 Warga Sragen Nikmati Mudik Gratis

Sejumlah warga Sragen berkumpul di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menikmati layanan mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhir pekan lalu. (Istimewa)
05 Juni 2019 05:30 WIB Moh Khodiq Duhri Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 3.526 warga Sragen menikmati layanan mudik gratis yang difasilitasi sejumlah pihak pada momen Lebaran kali ini. Sebanyak 2.250 warga di antaranya mudik gratis via bus yang difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Koordinator Lapangan (Korlap) Mudik Gratis Sragen, Anjar Anom, mengatakan Kemenhub paling banyak menyediakan kendaraan untuk mengangkut pemudik secara gratis. Kemenhub menyediakan 50 bus masing-masing berkapasitas 45 orang untuk mengantar pemudik yang berkumpul di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju kampung halaman di Sragen.

“Total ada 900 bus yang disediakan Kemenhub untuk pemudik yang ingin pulang kampung menuju Jawa dan Sumatra. Khusus Sragen sendiri mendapat kuota 50 bus. Perjalanan dimulai pada Sabtu [1/6] melalui jalan tol dan sampai di Sragen dalam waktu 9-10 jam,” jelas Anjar Anom kepada Solopos.com, Selasa (4/6/2019).

Selain dari Kemenhub, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bersama Bank Jateng juga memfasilitasi delapan bus masing-masing berkapasitas 50 orang untuk pemudik menuju Sragen. Tidak hanya bus, Pemprov Jateng juga memfasilitasi mudik gratis via kereta api (KA) Singosari.

KA ini menampung 460 warga asal Soloraya. Sebanyak 20% atau sekitar 92 pemudik di antaranya merupakan warga Sragen. “Berangkat dari Jakarta Minggu [2/6/2019] siang WIB bersama Bapak Ganjar Pranowo. Sampai di Stasiun Purwosari Solo sekitar pukul 21.00 WIB. Pemudik kemudian pulang ke rumah masing-masing,” terang Anjar.

PT Angkasa Pura juga memberikan layanan mudik gratis kepada warga Sragen. Terdapat empat bus bantuan dari PT Angkasa Pura masing-masing memiliki kapasitas 45 orang. Pemudik yang naik bus gratis yang disediakan PT Angkasa Pura ini kebanyakan warga Sragen wilayah barat seperti Gemolong, Miri, Sumberlawang, Kalijambe dan Plupuh. Sementara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen turut menyediakan dua unit bus masing-masing dengan kapasitas 52 orang.

Kabid Angkutan Umum Dishub Sragen, Bintoro Setiyadi, mengatakan PT Jasa Raharja juga menyediakan 10 unit bus masing-masing dengan kapasitas 50 orang untuk pemudik asal Sragen. Jika ditotal, terdapat 3.526 warga Sragen yang menikmati layanan mudik gratis pada momen Lebaran tahun ini.

“Semua bus sampai Sragen dengan selamat. Waktu kedatangan di Sragen malam hari supaya mereka lebih mudah menuju rumah masing-masing. Tempat penurunan penumpang di Sragen terbagi di beberapa tempat seperti Gemolong, Sumberlawang, Gabugan, Masaran, Tangen, Gondang dan Terminal Pilangsari,” terang Bintoro.