Pangeran Solo Ini Akan Perankan Karakter Jaka Tingkir di TSTJ

K.G.P.H. Mangkubumi. (Solopos - Candra Mantovani)
06 Juni 2019 11:00 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sesuai tradisi, objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo akan mengadakan pementasan Kirab Jaka Tingkir yang menjadi puncak rangkaian Festival Syawalan pada Lebaran ini.

Kirab Jaka Tingkir rencananya digelar Minggu (9/6/2019). Pemeran Jaka Tingkir dalam kirab nanti juga sudah ditentukan. Dia seorang pangeran atau putra Raja Keraton Solo, K.G.P.H. Mangkubumi.

"Saya bangga karena mendapatkan peran menjadi karakter leluhur saya sendiri dari Kerajaan Mataram. Saya merasa terhormat karena bisa memerankan karakter Jaka Tingkir," kata dia ketika ditemui Solopos.com, Selasa (4/6/2019) malam.

Mangkubumi mengaku sudah melakukan beberapa persiapan. Salah satunya dengan mengunjungi makam Jaka Tingkir sebelum geladi bersih.

"Sebenarnya tidak ada persiapan khusus. Karena ini bukan yang kali pertama saya memerankan Jaka Tingkir. Hanya setiap akan memerankan Jaka Tingkir, karena leluhur saya juga, saya selalu datang nyekar ke makam beliau," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur TSTJ Solo, Bimo Widodo Wahyu Dasir Santoso, mengatakan pementasan Jaka Tingkir akan menjadi puncak acara Festival Syawalan di TSTJ. Dia memprediksi puncak lonjakan pengunjung akan terjadi pada saat itu.

"Prediksi kami nanti Minggu [9/6/2019] akan menjadi puncak lonjakan pengunjung di TSTJ. Karena puncak acara dan ada pementasan Jaka Tingkir itu. Kami memprediksi akan ada 20.000 pengunjung yang datang," bebernya.