4 Objek Wisata Alam dan Edukasi Ngehits di Sragen

Taman Sukowati Sragen. (Solopos/Mohammad Khodiq Duhri)
06 Juni 2019 08:00 WIB Moh Khodiq Duhri-Chelin Indra Sushmita Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN – Ada beragam objek wisata di Sragen, Jawa Tengah, yang sayang dilewatkan begitu saja. Mumpung ada waktu libur panjang saat Lebaran 2019, tidak ada salahnya Anda mengunjungi objek wisata Sragen bersama keluarga.

Masih bingung menentukan objek wisata Sragen yang ingin dikunjungi? Simak rekomendasi Solopos.com berikut ini:

Museum Purbakala Sangiran

Museum Sangiran menjadi salah satu ikon wisata Sragen. Di tempat ini, Anda bisa belajar tentang asal mula peradaban manusia sekaligus menjajal spot foto menarik. Museum Sangiran memiliki sederet spot foto instagramable yang sayang dilewatkan. Untuk masuk ke museum ini, pengunjung cukup membayar Rp8.000/orang.

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo memiliki delapan spot selfie menarik. Objek wisata yang menawarkan delapan spot selfie ini berjarak sekitar 8 km dari Sumberlawang yang berada di jalan Solo-Purwodadi. Dari Sumberlawang menuju Boyolayar bisa ditempuh dalam 15 menit menggunakan sepeda motor dengan kecepatan sedang.

Pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk parkir sepeda motor plus tiket masuk. Bagi yang membawa kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp10.000 untuk parkir dan tiket masuk. Delapan spot selfie yang bisa dinikmati pengunjung adalah awan buatan, perahu cinta, dua rumah pohon, bingkai cinta vertikal, bingkai cinta horizontal, sapu terbang dan sarang burung. Di sekeliling spot selfie tersebut terdapat enam gazebo yang bisa dipakai bersantai sembari menikmati kuliner khas di WKO yakni ikan bakar, pepes telur ikan, serta ikan goreng krispi.

Taman Sukowati

Taman Sukowati menjadi primadona baru bagi warga Sragen. Di taman seluas 6,1 hektare ini, pengunjung bisa melihat ratusan burung merpati. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati udara segar di bibir embung seluas sekitar 1 hektare.

Embung itu biasa digunakan sebagai arena bermain perahu bebek. Naik perahu bebek untuk mengitari embung merupakan salah satu wahana yang bisa dijajal di Taman Sukowati. Ada lebih dari 10 spot selfie yang siap memanjakan pengunjung.

Beberapa spot selfie itu antara lain berlatar belakang taman bunga, replika gajah purba, replika burung garuda, replika dinosaurus dan replika binatang lainnya. Salah satu spot selfie yang paling fenomenal adalah perahu besi peninggalan zaman Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) yang ditemukan terdampar di Sungai Bengawan Solo.

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian air panas Bayanan berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Objek wisata ini dilengkapi dengan arena bermain anak seperti ayunan, prosotan, tangga lengkung, kerangka balok, dan lain-lain.

Ada tujuh kamar mandi yang dibangun membentuk formasi letter L. Tak jauh dari kamar mandi itu terdapat sumber mata air panas. Air panas itu dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit mulai dari gatal-gatal, rematik, kolestrol tinggi, mengembalikan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas hingga obat awet muda.

Berkat khasiatitu, sumber air panas itu mendapat julukan Hyang Tirto Nirmolo yang berarti air suci yang punya kekuatan spiritual. Kandungan belerang yang tinggi membuat sumber air itu terasa panas. Konon, belerang itu sudah muncul sejak Gunung Lawu masih menjadi gunung api purba.