Arus Balik di Boyolali: Jalur Tol Padat, Arteri Landai

Kendaraan memadati pintu tol Boyolali, Sabtu (8/6 - 2019). (Solopos.com/Nadia Lutfiana Mawarni)
08 Juni 2019 20:00 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI - Arus balik Lebaran di wilayah Boyolali terpusat di jalur tol namun landai di jalan arteri. Kepadatan arus mudik ini diprediksi terjadi hingga Minggu (8/6/2019) yang merupakan hari terakhir libur lebaran.

Pantauan Solopos.com, antrean kendaraan terjadi di exit tol Boyolali. Dengan dua pintu keluar yang dibuka, kendaraan mengular hingga sekitar seratus meter. Akibatnya, kepadatan juga terjadi di wilayah Kragilan hingga berbelok ke barat menuju kawasan Alun-Alun Utara dan pertigaan Tegalwire lalu mengarah ke dalam kota. 

Namun demikian, arus kendaraan setelah exit tol terpecah menjadi dua yaitu kearah barat menuju kota dan ke selatan menuju pertigaan Wika, Mojosongo. Di pertigaan Wika, antrean kendaraan dari arah tol bahkan mencapai 500 meter.

Kepadatan kendaraan di wilayah Kragilan tidak hanya berasal dari pintu keluar tol, namun juga sebaliknya yang akan menuju gerbang tol Boyolali. Kendaraan yang melintas masih didominasi berasal dari luar Boyolali seperti pelat B, AB, H, dan L.

Informasi yang dihimpun di Pospam exit tol Boyolali, arus balik Lebaran mulai tampak sejak Jumat (7/6/2019) lalu. Sebanyak 8.478 kendaraan keluar dari gerbang tol Boyolali, sementara kendaraan masuk mencapai 6.115. 

Kepadatan ini terjadi sepanjang hari mengingat rata-rata pada pukul 06.00 WIB- 12.00 WIB, sekitar 4.000-an kendaraan keluar dari gerbang tol Boyolali dan 3.000-an kendaraan masuk tol. Volume yang sama terjadi pada pukul 12.00 WIB- 18.00 WIB.

Sementara itu pada Sabtu (8/6/2019) jumlah kendaraan yang masuk ke pintu tol meningkat hingga 4.950 kendaraan pada pagi hingga siang hari. Namun volume kendaraan keluar justru turun menjadi 2.978 kendaraan.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mewakili Kapolres AKBP Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan tahun ini arus mudik dan balik lebaran memang berpusat pada jalur tol. Kondisi ini cukup berdampak pada kepadatan di jalur arteri, baik lingkar utara, lingkar selatan, maupun dalam kota. 

“Untuk kendaraan yang lewat jalur arteri dan di luar tol landai dan tidak terjadi kemacetan,” ujar Febriyani ketika berbincang dengan Solopos.com di Pospam exit tol Boyolali.