Pasca-Libur Lebaran, Antrean Pengurusan Adminduk Sukoharjo Membeludak

Warga menyerbu layanan pengurusan Adminduk di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sukoharjo, Senin (10 - 6). (Solopos/Indah Septiyaning W.)
10 Juni 2019 11:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Antrean pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo membludak setelah libur Lebaran, Senin (10/6/2019).

Warga berbondong-bondong mengurus adminduk setelah layanan diliburkan Pemkab mengikuti libur Lebaran. Berdasarkan pantauan Solopos.com, warga mulai berdatangan ke kantor Dispendukcapil sejak pukul 07.00 WIB. Meski layanan belum dibuka, sudah terlihat antrean warga.

Irianto, warga Triyagan, Kecamatan Mojolaban yang memilih datang lebih awal untuk mengurus cetak kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL).

"Saya datang jam 07.00. Niatnya datang lebih awal biar tidak antre, ternyata sampai di sini [Dispendukcapil] sudah banyak yang datang," katanya.

Dia memanfaatkan hari pertama kerja setelah layanan pengurusan Adminduk diliburkan Pemkab selama sepekan. "Sebenarnya ingin ngurus saat libur Lebaran, tapi ternyata tidak buka. Jadi langsung memanfaatkan hari pertama kerja ini," katanya.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita mengatakan tidak seperti libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya di mana layanan Adminduk buka, pada tahun ini layanan tersebut diliburkan. Sebab selama masa cuti bersama dimanfaatkan untuk perawatan server milik Dispendukcapil.

"Jadi selama Lebaran layanan Adminduk kita liburkan karena memberikan waktu kepada para ASN untuk berlebaran. Apalagi jumlah warga yang belum melakukan perekaman hanya 0,036 persen saja," katanya.

Dengan kondisi ini diputuskan bahwa Dispendukcapil tidak membuka layanan adminduk selama libur Lebaran. Sebagai gantinya, Dispendukcapil mengoptimalkan layanan kependudukan saat hari pertama masuk kerja pada Senin ini. Hal ini sekaligus guna mengantisipasi lonjakan permohonan layanan adminduk selama libur Lebaran.