Open House Bupati Boyolali, 1.000 Porsi Opor Ayam Ludes

Bupati Boyolali Seno Samodro didampingi Wakil Bupati M.Said Hidayat dan Sekda Masruri bersalaman dengan ASN Boyolali saat open house di Pendapa Gede kompleks Alun-Alun Kidul Boyolali, Senin (10/6 - 2019). (Istimewa)
10 Juni 2019 23:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Salah satu tradisi di lingkungan pemerintah daerah, termasuk yang dilakukan pejabat di Boyolali dalam menyambut hari Lebaran adalah dengan menyelenggarakan open house.

Kegiatan inti pada acara ini adalah bertemunya Bupati Seno Samodro dan Wakil Bupati M.Said Hidayat beserta pejabat Pemkab dengan para ASN. Mereka bersalam-salaman untuk saling memaafkan.

Kali ini open house Boyolali diselenggarakan dua kali. Pertama diselenggarakan Senin (10/6/2019) di Pendapa Gede kompleks Alun-Alun Kidul Boyolali dan kedua rencananya digelar Rabu (12/6/2019) di Pandapa Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali Jl. Merbabu.

Pada gelaran open house perdana yang diadakan khusus bagi ASN di lingkungan Pemkab Boyolali, selain bersalaman, peserta juga dijamu menu makanan khas Lebaran, yakni opor ayam lengkap dengan irisan ketupat.

Kali ini panitia menyediakan 1.000 porsi untuk menjamu para ASN. Meski cukup banyak, namun semuanya ludes dalam waktu sebentar saja.

“Kami siapkan sekitar 1.000 porsi opor ayam dan cepat sekali habisnya,” ujar salah satu ASN panitia di sela-sela acara.

Kabag Umum Setda Boyolali Joko Suhartono mengatakan dipilihnya menu opor dan ketupat tidak lepas dari tradisi yang ada di masyarakat.

“Kalau Lebaran menu sajian khasnya adalah opor ayam sehingga pada acara open house ini juga kami menyesuaikan,” ujarnya.

Pada open house kedua nanti, pihaknya selaku panitia juga akan menyediakan menu yang sama tetapi ada pilihan menu lain yang tidak dia sebut.

Dua Shift

Open house kedua Bupati akan menyambut pejabat di lingkungan Pemkab, unsur Forkopimda, relasi, tokoh masyarakat, dan lainnya. “Menu utama untuk open house kedua nanti sama, opor ayam. Tapi tentu ada hidangan lainnya. Ini masih kami bahas dengan teman-teman di jajaran kami,” imbuhnya.

Sedangkan jumlah porsinya baru akan ditentukan Selasa (11/6/2019) hari ini. “Yang jelas, kami akan mempersiapkan secukupnya agar tidak ada kekurangan.”

Sementara itu, open house di Pendapa Alit tersebut akan dibagi dua shift, yakni pukul 10.00 WIB-12.00 WIB, dan 13.00 WIB-15.00 WIB. Sedangkan pukul 12.00-13.00 WIB digunakan sebagai waktu istirahat.