Masih Ada 24.852 Kursi Arus Balik Kereta Api Solo-Jogja, Mau?

ilustrasi kereta api. (Istimewa/Daop VII Madiun)
12 Juni 2019 07:00 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO - PT KAI Daops VI Yogyakarta mencatat masih ada 24.852 tempat duduk tersedia di wilayah ini hingga 16 Juni 2019. Selama H+1 Lebaran hingga H+3 Lebaran jumlah penumpang lebih dari jumlah kursi tersedia.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan ada kenaikan rata-rata jumlah penumpang melalui wilayahnya sebesar 11% daripada Lebaran tahun lalu. Volume penumpang pada masa angkutan Lebaran melalui Daops VI hingga 11 Juni 2019 mencapai 507.119 orang.

Pada arus balik ini jumlah penumpang relatif banyak, yakni pada H+1 Lebaran mencapai 106%, H+2 102%, dan H+3 sebanyak 105%. Eko menjelaskan masih tersisa 24.852 tempat duduk dari total 128.824 tempat duduk yang tersedia untuk keberangkatan via Daops VI hingga 16 Juni 2019.

“Alhamdulillah, Lebaran tahun  ini aman dan lancar. Di wilayah kami tidak ada tindak kejahatan seperti pembiusan, penjambretan, atau pun pencopetan seperti dulu. Meskipun begitu, kami tetap mewaspadai selama masa angkutan Lebaran ini,” ujar dia kepada Solopos.com, Selasa (11/6/2019).

Eko memaparkan banyak pemudik yang memanfaatkan posko di stasiun untuk beristirahat sebelum melanjutkan tujuan ke kampung halaman. Mereka rata-rata mengeluhkan sakit lantaran kelelahan selama menempuh perjalanan jarak jauh tersebut.

Dia mengingatkan masyarakat untuk datang ke stasiun jauh sebelum jadwal pemberangkatan kereta api sesuai tiket yang dipegang. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian penumpang tertinggal kereta api lantaran terlambat tiba di stasiun keberangkatan.

“Ada beberapa penumpang khususnya kelas ekonomi yang datangnya terlambat sehingga ketinggalan kereta. Kami imbau penumpang untuk datang jangan terlalu mepet dari jadwal keberangkatan. Kalau ketinggalan, tiket bakal hangus, dan harus membeli yang baru,” imbuh dia.