10.734 Siswa SD/MI di Solo Dinyatakan Lulus

Ilustrasi sekolah dasar. (Dok)
12 Juni 2019 16:00 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Pengumuman hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah (US) 2019 untuk siswa SD/Madrasah ibtidaiah (MI) di Solo digelar Rabu (12/6/2019). Sebanyak 10.734 siswa SD/MI dinyatakan lulus.

Pengumuman dilaksanakan pukul 10.00 WIB di sekolah masing-masing. Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Rita Nirbaya, mengatakan semua siswa kelas VI SD di Kota Solo dinyatakan lulus sekolah. Hal itu berdasarkan data yang diperoleh Dinas Pendidikan Solo.

“Tahun ini siswa SD di Solo lulus 100%. Jumlah peserta Ujian Nasional [UN] SD Solo sebanyak 10.734 siswa. Mereka berasal dari 256 SD negeri/swasta/MI. Untuk menentukan kelulusan siswa, nilai UN akan digabungkan dengan nilai US," ujarnya saat ditemui Solopos.com di Disdik Solo, Selasa (11/6/2019).

Nilai UN tidak digunakan untuk menentukan kelulusan siswa. Penentu kelulusan siswa adalah penggabungan dua nilai. “Nilai UN tidak menentukan kelulusan siswa. Masing-masing sekolah mengumumkan kelulusan siswa tersebut pada Rabu pukul 10.00 WIB,” kata dia.

Sebelum mengumumkan kelulusan siswa, sekolah mengadakan rapat pleno kelulusan. Disdik meminta setiap sekolah mengumpulkan nilai standar kelulusan (SKL) sebelum pelaksanaan UN.

“Setelah nilai UN jadi, sekolah langsung menggabungkan kedua nilai itu untuk membentuk angka kelulusan siswa. Pengumuman kelulusan dilakukan secara serentak di semua sekolah. Orang tua dan siswa bisa mengambil pengumuman kelulusan di sekolah masing-masing,” kata dia.

Hal ini juga disampaikan Wakil Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat, Muhammad Arifin. Ia mengatakan SD Muhammadiyah PK Kota barat menggelar pengumuman kelulusan siswa pada Rabu.

“Pada Rabu kami mengumumkan kelulusan siswa. Hasil kelulusan siswa dapat diambil orang tua dan siswa di sekolah,” ujar dia.
Ia membenarkan untuk menentukan kelulusan siswa akan dilakukan penggabungan dua nilai. “Nilai UN digabungkan dengan nilai US. Hasil penggabungan kedua komponen nilai tersebut menenutukan kelulusan siswa,” ujar dia.