PPDB Mendadak Diundur, Orang Tua Soraki Kepsek SMPN 1 Tawangmangu

Sejumlah orang tua murid yang hendak mendaftar PPDB di SMPN 1 Tawangmangu, Karanganyar, Jateng mengantre sejak Rabu (12/6 - 2019) malam. (Solopos/Sri Sumi Handayani)
13 Juni 2019 15:40 WIB Ginanjar Saputra Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan orang tua murid yang akan mendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), harus pulang dengan membawa rasa kecewa. Mereka yang sudah rela datang sejak Rabu (12/6/2019) dan nyaris menginap di sekolahan untuk mendaftarkan anak mereka pada Kamis (13/6/2019) pagi harus pulang lantaran PPDB ditunda.

Berdasarkan laporan wartawan Solopos.com, Sri Sumi Handayani, rasa kecewa ratusan orang tua itu mencuat kala kepala SMPN 1 Tawangmangu menjelaskan bahwa PPDB ditunda hingga 1 Juli 2019. "Pelaksanaan PPDB 2019/2020 diundur tanggal 1 Juli 2019," ucap sang kepala sekolah.

Mengetahui pengumuman itu, ratusan orang tua murid menyoraki si kepala sekolah. "Huuu, Harusnya tanggung jawab dong, kasihan orang-orang di sini," teriak salah satu orang tua di lokasi.

"Huuu ora sida sekolah [enggak jadi sekolah]," imbuh lainnya.

Dikabarkan Solopos.com sebelumnya, ratusan orang tua yang rela mengantre hingga nyaris menginap di SMPN 1 Tawangmangu itu bermula dari pengumuman PPDB Jalur Zonasi yang ditempel di sekolahan tersebut. Edaran itu memuat syarat dan mekanisme pendaftaran bagi peserta PPDB offline jalur zonasi yang di antaranya mengharuskan peserta untuk datang mendaftar lebih awal.

Akibat pengumuman ini, orang tua calon peserta didik berlomba-lomba datang lebih awal. Bahkan beberapa sudah berada di dalam kelas SMPN 1 Tawangmangu sejak Rabu pagi dan duduk di kursi kelas yang telah diberi nomer oleh panitia.

Ratusan orang tua murid akhirnya membubarkan diri pada Kamis (13/6/2019) pukul 00.20 WIB setelah sang kepala sekolah mengumumkan penundaan PPDB. Berdasarkan keputusan Bupati Karanganyar, pendaftaran PPDB SMP akan dilakukan secara online pada 1 Juli 2019. Sebelumnya, PPDB yang sedianya dilakukan pada 13 Juni 2019 ini akan dilakukan secara offline.