Kehidupan Sugiyono Pemilik CV MSB, Mewah Sejak Investasi Semut Rangrang

Mobil boks dan puluhan ribu stoples kosong tersimpan di Gudang CV Mitra Sukses Bersama (MSB) di Dusun Kroyo, Desa Taraman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Kamis (13/6 - 2019). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)
14 Juni 2019 21:00 WIB Redaksi Solopos Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Sosok Sugiyono, 44, pemilik CV Mitra Sukses Bersama (MSB) yang bergerak di bidang investasi ternak semut rangrang, dikenal sejak dirinya mengumpulkan investor untuk bisnisnya itu. Sejak menggeluti bisnis itu, mantan pegawai negeri sipil (PNS) dan sekretaris desa (sekdes) itu tampil mewah.

Kepala Desa (Kades) Jambanan, Sugino Welly, mengatakan terdapat sekitar 15 warganya yang ikut berinvestasi ternak semut rangrang di bawah naungan CV MSB. Mereka menanamkan modal dari Rp50 juta hingga Rp250 juta. Dia memperkirakan jumlah investasi yang ditanamkan sekitar 15 warganya itu mencapai sekitar Rp1,5 miliar.

“Ada yang baru beberapa bulan ikut, ada pula yang beberapa tahun ikut. Rata-rata mereka mendapatkan uang itu dari bank setelah mengagunkan sertifikat tanah,” jelas Sugino Welly, Kamis (13/6/2019). Desa Jambanan berbatasan langsung dengan Dusun Kroyo, Desa Taraman, Sidoharjo, Sragen, yang menjadi pusat CV MSB.

Jauh-jauh hari, Sugino sudah mengimbau warganya untuk tidak mengikuti investasi ternak rangrang tersebut. Imbauan itu kerap ia sampaikan dalam forum pertemuan warga maupun saat bertatap muka dengan warga di warung makan. Akan tetapi, masih ada saja warganya yang diam-diam ikut investasi ternak semut rangrang ini.

“Di antara mereka itu adalah pensiunan perangkat desa saya sendiri. Saya sudah minta dia untuk membuat usaha yang nyata, bukan investasi yang tidak jelas seperti itu. Jangan mau terbuai oleh nafsu yang ingin meraih untung besar. Ternyata diam-diam dia ikut menjadi mitra melalui keponakannya yang menjadi sales marketing dari CV MSB,” papar Sugino Welly.

Rumah Sugino Welly dengan rumah Sugiyono dan hanya berjarak sekitar 300 meter. Sugino Welly mengaku sudah lama mengenal sosok Sugiyono.

“Kalau saya amati, sejak menggeluti bisnis ternak rangrang, kehidupan dia terlihat lebih wah. Ada beberapa unit kendaraan di rumahnya. Anak buahnya saja tumpaane [Toyota] Fortuner lengkap dengan sopirnya,” papar Sugino.

Sementara itu, Heroe Setiyanto, seorang pengacara asal Sragen, juga membeberkan rekam jejak Sugiyono. Desember 2018 lalu, sekitar 3.000 mitra CV MSB dari berbagai daerah di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur bernah mengikuti silaturahmi akbar yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen. Pada kesempatan itu, Sugiyono hadir memberikan dorongan motivasi dan membakar semangat para mitra untuk meningkatkan investasi ternak rangrang.

“Saat itu saya pernah dimintai tolong Pak Sugiyono mengurus izin keramaian ke Polres Sragen. Izin itu kami urus secara mendadak. Malam suratnya kami masukkan ke Polres, paginya silaturahmi akbar itu digelar,” ujar Heroe di rumahnya di kawasan Nglangon, Sragen.