Atap Ruangan di Balai Desa Tegalrejo Sragen Roboh

Atap ruang pertemuan di Balai Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen, ambruk, Sabtu (15/6 - 2019). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)
15 Juni 2019 17:00 WIB Moh Khodiq Duhri Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN — Atap ruang pertemuan di Balai Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen, Jawa Tengah, tiba-tiba ambruk, Sabtu (15/6/2019). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Pantauan solopos.com di lokasi, ruang pertemuan yang ambruk seluas sekitar 150 meter persegi. Tidak hanya itu, langit-langit rumah dinas bidan desa, Bety Mila, juga mengalami retak-retak. Ruangan yang atapnya ambruk memang berdampingan dengan rumah dinas bidan desa. 

“Saat kejadian kebetulan saya sedang berada di luar. Di rumah hanya ada anak saya. Sekitar pukul 11.45 WIB, anak saya sempat mendengar suara kretek-kretek dan disusul dengan suara gaduh. Dia takut lalu keluar rumah. Ternyata atap ruang pertemuan itu ambruk. Saya sendiri kaget begitu sampai di sini, sudah ada banyak orang,” jelas Bety saat ditemui solopos.com di lokasi kejadian.

Setelah kejadian itu, Bety dibantu warga sekitar langsung memindah perabotan rumah tangga dari rumah dinas ke ruangan lain. 

Sementara itu, Camat Gondang, Catur Sarjanto, mengatakan tidak ada orang yang berada di ruang pertemuan itu saat atapnya ambruk.

Pada pukul 08.00 WIB, ungkap dia, ruang pertemuan masih digunakan untuk rapat Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalrejo. Rapat berlangsung sesaat karena para perangkat desa ada jadwal jagong ke rumah warga yang punya hajatan.

“Setelah dicek, ternyata kuda-kuda atap itu sudah lapuk dimakan usia. Jadi, kuda-kuda atap itu belum pernah diganti sejak 1971. Pada saat kades dijabat Pak Totok Joko Supriyanto, hanya ada pergantian reng, usuk dan genting. Pada 2017, saat kades dijabat Pak Heru Setyawan, yang direhab hanya plafon, lantai dan pengecatan dinding. Jadi, kuda-kuda atap malah belum pernah diganti sama sekali,” jelas Catur.