Keindahan 11 Negara ASEAN Jadi Tema SBC 2019

Ketua Yayasan SBC Lia Imelda (kiri) bersama koordinator SBC Ade Sugriwa (kanan) memperkenalkan prototipe defile SBC saat jumpa pers di Swissbelinn Saripetojo Hotel Solo, Kamis (20/6/2019). (Solopos - Ika Yuniati)
21 Juni 2019 09:30 WIB Ika Yuniati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Solo Batik Carnival (SBC) ke-12 tahun 2019 akan digelar akhir Juli mendatang. Yayasan SBC selaku penyelenggara menaikkan cakupan garapan ke level yang lebih luas.

Mereka mengusung keindahan 11 negara di Asia Tenggara dalam tema Suvarnabhumi The Golden of ASEAN. Ketua Yayasan SBC Lia Imelda saat jumpa pers di Swissbelinn Saripetojo Hotel Solo, Kamis (20/6/2019), mengatakan tema tersebut sebagai bukti apresiasi batik tak hanya untuk orang Indonesia tetapi juga untuk masyarakat dunia.

“Tahun lalu tema kami nasional, sekarang mencoba lebih luas lagi di tingkat ASEAN,” tambahnya.

Ke-11 negara tersebut adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. Mereka mengusung judul sesuai jargon negara masing-masing.

Misalnya Indonesia dengan Wonderful Indonesia, Thailand dalam Amazing Thailand, Malaysia berjudul Malaysia Truly Asia, Singapura Uniquely Singapore, dan Brunei Darussalam dengan The Green Heart of Brunai.

Semua prototipe defile dipamerkan kepada wartawan dalam acara jumpa pers di Swissbelinn Saripetojo Solo, Kamis sore. Koordinator SBC, Ade Sugriwa, mengatakan peserta membuat kostum berdasarkan ciri khas negara masing-masing.

Misalnya gading gajah untuk defile Thailand, rumah adat Timor Leste, keindahan laut Filipina, dan loro blonyo untuk Indonesia. “Riset dilakukan berdasarkan ciri khas masing-masing negara. Mereka mengeskplor keindahan negara-negara tersebut yang paling menonjol,” kata Ade.

Lebih lanjut, Ade menyebutkan 75% material menggunakan kain motif batik. Khususnya motif batik Keraton Solo sebagai upaya mengenalkan batik lawasan tersebut kepada masyarakat luas. Sisanya, sekitar 25% adalah aksesori pelengkap.

Seperti biasa, serangkaian SBC bakal digelar selama tiga hari dimulai dengan exhibition SBC di Benteng Vastenburg pada Jumat (26/7/2019)-Minggu (28/7/2019). Acara puncak berupa karnaval diadakan pada Sabtu (27/7/2019) dari Stadion Sriwedari ke Benteng Vastenburg.

Bakal ada 130 peserta dari anak-anak hingga dewasa yang tergabung dalam 11 defile. Sebelumnya para peserta telah mengikuti workshop pembuatan kostum sejak April lalu.

Workshop dilakukan setiap pekan di Taman Balekambang atau Balai Kota Solo. Selanjurnya bakal dilakukan penjurian pada 14 Juli. Pemenang masing-masing defile diumumkan pada hari terakhir yaitu Minggu (28/7/2019) di Benteng Vastenburg.