Segarnya Soto Rp1.000 di Hik Soto Sewu Sondokoro Karanganyar

Ilustrasi soto Rp1.000 (Chelin Indra Sushmita/Solopos.com)
24 Juni 2019 20:10 WIB Chelin Indra Sushmita Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Makanan yang dijual dengan harga terjangkau jelas menjadi buruan masyarakat. Apalagi jika rasa makanan tersebut enak. Seperti semangkuk soto berharga Rp1.000 yang dijual di Tasikmadu, Karanganyar.

Semangkuk soto berharga Rp1.000 itu dijual di Hik Soto Sewu Dukuh Kongan, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Warung soto yang terletak di belakang Agrowisata Sondokoro tersebut tak pernah sepi pembeli.

 Karyawan Hik Soto Sewu menata dagangan (Chelin Indra Sushmita/Solopos.com)

Soto yang dijual di Hik Soto Sewu disajikan dalam mangkuk kecil. Seporsi soto yang dihargai Rp1.000 itu berisi nasi, kecambah, suwiran diging ayam, taburan seledri serta bawang gorang yang disiram kuah panas. Rata-rata pembeli menghabiskan dua mangkok soto sekali makan.

Selain soto, Hik Soto Sewu juga menyediakan aneka jajanan berharga terjangkau. Mulai dari satai ati, satai usus, satai bakso, hingga satai kikil yang dijual Rp2.500 per tusuk. Sementara untuk aneka gorengan yang disajikan hangat cukup ditebus dengan harga Rp500 per potong.

 Aneka jajanan di Hik Soto Sewu (Chelin Indra Sushmita/Solopos.com)

Hik Soto Sewu di Sondokoro, Tasikmadu, Karanganyar, dikelola oleh Dwi, 44, sejak 2012. Selama ini, dia bersama suaminya mengelola warung tersebut bersama 10 karyawan. Setiap hari, warung yang buka sejak pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB tersebut menjual sekitar 1.000 porsi soto.

“Kami buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB sejak 2012. Rata-rata sehari habis 50 kilogram beras,” kata Dwi saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (23/6/2019), pagi.

Ide membuka Hik Soto Sewu didapat Dwi untuk menyajikan makanan enak dengan harga terjangkau. Dia mengatakan, jajan di warungnya tidak akan menghabiskan banyak uang. Namun, momen kebersamaan dengan keluarga tetap didapat.

Sengaja buka warung makan yang harganya terjangkau. Di sini, uang Rp10.000 bisa buat makan satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, dan satu anak. Misalnya beli soto tiga porsi, minum teh dua gelas cuma Rp5.000. Sisa Rp5.000 bisa dibelikan gorengan. Pokoknya serba murah meriah,” terang Dwi.

 Soto Rp1.000 di Hik Soto Sewu Karanganyar (Chelin Indra Sushmita/Solopos.com)

Ditanya soal keuntungan, Dwi mengatakan dagangannya selalu laris dan hasilnya bisa untuk membayar tenaga 10 karyawan yang masing-masing Rp40.000 per hari. “Hasilnya ya alhamdulillah laris. Pokoknya cukuplah buat membayar tenaga 10 orang yang per harinya Rp10.000,” sambung Dwi.

Semua makanan di Hik Soto Sewu Sondokoro, Tasikmadu, Karanganyar dibuat dari dapur sendiri. Para karyawan berbagi tugas untuk melayani pembeli dan memasak. “Semua makanan dan jajanannya masak sendiri. Kalau satai itu dikirim dari teman mengaji saya. Jadi, insyaallah semuanya halal, aman, dan terpercaya,” tandas Dwi.

 Pengelola Hik Soto Sewu, Dwi, (kerudung hijau) bersama karyawan. (Chelin Indra Sushmita/Solopos.com)

Salah satu pelanggan asal Jaten, Karanganyar, Heny, mengatakan, makanan yang dijual di Hik Soto Sewu Sodokoro, Tasikmadu, cukup enak dan harganya terjangkau. Dia biasa jajan ke warung tersebut setiap akhir pekan bersama keluarganya.

Saya sering ke sini bersama keluarga. Rasa sotonya segar, cocok untuk sarapan. Gorengan dan aneka satainya juga enak. Apalagi harganya terjangkau. Makan berempat paling habis Rp25.000. Murah banget,” katanya.