Tungku Picu Kebakaran Dapur Rumah di Kebakkramat Karanganyar

Anggota BPBD Karanganyar mengecek kebakaran di Desa Banjarharjo, Kebakkramat, Sabtu (29/6/2019). (Istimewa - Dokumentasi BPBD Karanganyar)
29 Juni 2019 17:45 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kebakaran menghanguskan dapur rumah warga Jagatan RT 004/RW 008, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat, Sri Mulyani, 51, Sabtu (29/6/2019) pukul 11.40 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Informasi yang dihimpun solopos.com dari berbagai sumber, kebakaran diduga karena api dari tungku. Salah satu anggota keluarga di rumah itu merebus air menggunakan tungku berbahan bakar kayu lalu meninggalkan dapur. 

Api dari tungku membesar dan menyambar ke bagian lain dari dapur. Asap pekat membubung. Dapur yang berada di bagian belakang rumah terbakar. Api merembet ke gudang di dekat dapur.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko, membenarkan adanya kejadian kebakaran itu. Pemadaman dilakukan warga sekitar, sukarelawan, anggota BPBD Karanganyar dibantu petugas pemadam kebakaran.

"Anggota BPBD Karanganyar ke lokasi melakukan pemadaman, pendataan, dan pengiriman logistik untuk kerja bakti membersihkan puing bangunan yang terbakar. Bangunan yang terbakar adalah dapur permanen ukuran dua meter kali sepuluh meter, dua pintu jati ukuran tiga meter kali satu setengah meter," kata dia saat dihubungi solopos.com, Sabtu.