Solopos Hari Ini: Solo Dorong Transaksi Digital

Harian Umum Solopos edisi Jumat (5/6 - 2019).
05 Juli 2019 11:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Bank Indonesia (BI) terus mendorong perkembangan transaksi digital di Indonesia. BI bersama pemerintah pusat akan membentuk Tim Perluasan Digitalisasi Daerah (TPDD) untuk mengoptimalkan transaksi digital di tingkat daerah, termasuk di Solo.

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto, mengatakan secara teknis BI masih menanti kejelasan struktur tim tersebut, termasuk kapan tim siap di daerah. Saat ini BI masih menunggu landasan hukum dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ulasan mengenai transaksi digital itu menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (5/7/2019). Berita itu bisa dibaca secara lengkap di E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini masih menyajikan kabar mengenai PPDB 2019.

Cabut Berkas PPDB, Pilih Sekolah Swasta

Sejumlah orang tua calon siswa baru mencabut berkas pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMK. Beberapa dari mereka takut anaknya tidak mendapatkan sekolah negeri.

Warga Klodran, Colomadu, Karanganyar, Rosmawati, mengatakan status anaknya di jurnal PPDB online di urutan 230. Peringkatnya semakin hari semakin bertambah. "Awalnya anak saya berada di urutan 89, pada Rabu [3/7/2019] berubah menjadi 230," ujarnya saat ditemui Espos di SMKN 6 Solo, Kamis (4/7/2019).

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai krisis air tanah di Solo. Ada pula kabar bahagia dari UNS Solo yang mahasiswanya meraih enam medali emas di kompetisi di Jepang.

Sumur Resapan Cegah Krisis Air

Guna mengatasi krisis air tanah di Kota Solo, Pemerintah Kota Solo membikin lebih dari 200 sumur resapan di sepanjang kawasan Jl. Slamet Riyadi. Sumur resapan itu dibangun di dekat saluran drainase yang saat ini tengah dipugar.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solo, Arif Nurhadi, mengatakan kondisi jantung Kota Solo yang minim kawasan resapan air membuat air langsung mengalir ke selokan. Pada musim kemarau ketersediaan air tanah yang cukup menjadi penopang pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Simak secara lengkap di E-Paper Solopos.

Kotoran Kerbau Antar Raih Medali Emas

Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dari dua fakultas meraih medali emas dalam kompetisi Japan Design, Idea & Invention Expo di Tokyo Washington Hotel, Tokyo, Jepang, Sabtu-Senin (15-17/6/2019).

Mereka adalah Sofia Oka Rodiana dari Program Studi PendidikanKimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan empat mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP), yakni Rizhal Akbar Jaya Pratama, Nor Isnaeni Dwi Arista, Rahma Amira Zhalzabila Wakak Megow, dan Hifqi Himawan.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.