Kebutuhan Biaya Revitalisasi Pasar Klewer Solo Timur Naik Jadi Rp60,5 Miliar

Pengguna jalan melintas di dekat area Pasar Klewer sisi timur, Solo, Jumat (21/6/2019). (Solopos - M. Ferri Setiawan)
07 Juli 2019 18:15 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Kebutuhan anggaran untuk revitalisasi Pasar Klewer Solo timur mengalami penyesuaian dari semula Rp58 miliar menjadi Rp60,5 miliar. Nilai itu termasuk untuk menambah detail ornamen pada fasad pasar.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan saat ini perkembangan proyek itu masih menunggu ditayangkan pada laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) nasional.

Penayangan pengumuman untuk lelang itu menunggu teken dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait izin penganggaran tahun jamak (multiyears).

“Minimal harus ada tanda tangan dari Dirjen Cipta Karya. Kalau sudah ada persetujuan itu bisa langsung tayang,” kata dia kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Pertimbangan penganggaran tahun jamak bertujuan mempercepat pembangunan. Hal tersebut dikarenakan waktu lelang yang dilakukan pada tengah tahun sehingga apabila pembangunan ditargetkan selesai dalam delapan bulan, tidak perlu ada lelang untuk tahap kedua pada 2020.

“Pekerjaan yang melompat tahun itu tidak usah lelang lagi. Pemenang lelang pada 2019 melanjutkan pekerjaan pada tahun berikutnya. Hanya, pembayarannya itu dihitung dari bobot pengerjaan. Misalnya 2019 rampung berapa persen, nilai itu dibayarkan tahun itu, begitu pula tahun selanjutnya,” papar Heru.

Ia menjelaskan penyesuaian anggaran dilakukan lantaran design engineering design (DED) disusun kali pertama pada 2017 sehingga perlu penyesuaian dengan harga material bangunan saat ini yang cenderung naik.

Nilai anggaran itu termasuk mengakomodasi keinginan Kementerian Perdagangan menambah ornamen batu andesit dan sejumlah hijauan untuk mendukung konsep pasar hijau.

“Pasar menghadap ke timur, di depannya ada kanopi. Anggaran Rp60,5 miliar juga untuk mempercantik bagian depan pasar. Desainnya basement dan semi-basement targetnya dikerjakan 2019 selama 4,5 bulan. Tahun berikutnya tinggal menaikkan semi-basement dan finishing dalam waktu 3,5 bulan," jelas Heru.

Basement Pasar Klewer barat dan timur hanya selisih 20 sentimeter dan akan digabung. Parkir basement Pasar Klewer timur khusus sepeda motor, mobil di basement barat.