Solopos Hari Ini: Mental Pemborong Kursi Menteri

Harian Umum Solopos edisi Senin (8/7 - 2019).
08 Juli 2019 09:55 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan 10 nama calon menteri kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Partai Demokrasi  Indonesia Perjuangan (PDIP) menyinggung partai politik (parpol) bermental pemborong yang memburu kursi menteri.

"Mudah-mudahan ini bukan karena partai terjangkiti 'mentalitas pemborong', sukanya main borong," ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Minggu (7/7/2019). Kendati demikian, Hendrawan menghormati usulan PKB itu. Menurut dia, usulan PKB itu merupakan manuver aspirasi.

Kabar mengenai manuver PKB itu menjadi sorotan utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini. Berita tersebut bisa dibaca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, ada kabar ibadah haji 2019 yang mewarnai halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini. Banyak calon haji yang usianya tak lagi muda.

Menjaga Semangat Ibadah di Usia Senja

Empat pesawat Garuda masing-masing dengan nomor penerbangan GA 6101, GA 6102, GA 6103, dan GA 6104 berjajar di landasan Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali. Pesawat-pesawat itu bakal mengangkut jemaah calon haji (calhaj) menuju Madinah.

Pesawat GA 6101 mengangkut kelompok terbang (kloter) pertama yang berangkat pukul 05.30 WIB, Minggu (7/7/2019). Mereka adalah 353 calhaj asal Sukoharjo ditambah dua orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan lima petugas kloter.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai penutupan warung satai daging anjing yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Ada pula proyek jalan lingkar timur di Sukoharjo yang akan memakan tiga desa.

Apresiasi untuk Kebijakan Bupati

Kebijakan Bupati Karanganyar Juliyatmono menutup warung satai jamu mendapat apresiasi berbagai pihak, termasuk dari beberapa figur publik. Apresiasi tersebut viral di media sosial.

Berdasarkan pantauan Espos, Minggu (7/7), akun Instagram Dog Meat Free Indonesia menggunggah enam video dari influencer dan pencinta satwa yang memberikan apresiasi atas kebijakan Bupati Juliyatmono. Video di akun Instagram tersebut diunggah ulang oleh beberapa akun lainnya.

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

5 Desa Terdampak Proyek Jalan Lingkar Timur

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memetakan lima desa di dua kecamatan akan terdampak proyek tahap pertama pembangunan jalan lingkar timur (JLT). Proyek yang akan menjadi akses ke Kawasan Industri Nguter (KIN) dan wilayah Mojolaban ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Lima desa itu adalah Desa Celep dan Desa Plesan di Kecamatan Nguter, serta Desa Manisharjo, Desa Mojorejo, dan Desa Bendosari di Kecamatan Bendosari. Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sukoharjo, Sardjito, mengatakan pembangunan JLT tahap pertama sepanjang 5,9 kilometer selebar 18 meter.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.