Solopos Hari Ini: Dijerat KPK, Dibebaskan MA

Harian Umum Solopos edisi Rabu (10/7 - 2019).
10 Juli 2019 09:15 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Upaya KPK memproses Syafruddin Arsyad Temenggung, terdakwa dalam kasus dugaan korupsi terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) kandas di Mahkamah Agung (MA). MA membebaskan mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang sebelumnya dihukum 15 tahun penjara di tingkat banding itu.

"Mengabulkan permohonan terdakwa," ujar Kabiro Hukum dan Humas MA, Abdullah, dalam konferensi pers di Gedung MA, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019). Amar putusan itu dibacakan Abdullah setelah sebelumnya majelis hakim mengadili permohonan kasasi itu.

Kabar mengenai perkembangan kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) menjadi sorotan utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (10/7/2019). Berita itu bisa dibaca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga menyajikan kabar mengenai SBMPTN. UNS Solo menjadi perguruan tinggi favorit kedua di SBMPTN 2019 ini.

Universitas Brawijaya Terfavorit, UNS Nomor Dua

LTMPT mengumumkan 10 perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air yang paling diincar calon mahasiswa dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Universitas Brawijaya (UB) menduduki posisi pertama menyusul Universitas Sebelas Maret (UNS) di posisi kedua.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi, mengatakan 10 PTN tersebut adalah UB, UNS, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, dan lainnya.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai Pemkot Solo yang akan mengatur jual beli daging anjing. Ada pula ulasan mengenai para pedagang di Pasar Jatingaleh Sragen yang menempati los darurat.

Pemkot Solo akan Atur Jual Beli Daging Anjing

Pemerintah Kota Solo masih mengupayakan kebijakan mencegah penyiksaan anjing yang dagingnya jadi bahan makanan olahan. Pemerintah Kota Solo tak bisa menutup paksa warung-warung penjual makanan berbahan dasar daging anjing tanpa regulasi yang jelas, terlebih ketika pedagang ternyata tak melanggar aturan apa pun.

Kebijakan ihwal pencegahan penyiksaan anjing itu akan sepaket dengan kebijakan untuk memastikan anjing-anjing yang dagingnya dikonsumsi di Kota Solo benar-benar bebas dari penyakit rabies. Wacana ihwal kebijakan itu menguat ketika warga Internet di media sosial beberapa hari terakhir membahas video penyiksaan anjing yang disebut berlokasi di Kota Bengawan.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Lega Pelanggan Tetap Datang

Para pedagang Pasar Jatitengah di Dusun Jatitengah, Desa Sukodono, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, mulai menempati los darurat yang dibangun di lapangan desa tersebut. Pada Selasa (9/7/2019), sejumlah pedagang merapikan dagangan di los darurat yang dibangun dengan ukuran dua meter kali 2,5 meter.

Sejumlah pedagang menutup los mereka dengan tripleks. Sebagian pedagang melayani pembeli di los darurat.

"Ini hari kedua kami menempati los darurat. Ya, seperti ini. Kami memang diperintahkan segera mengosongkan Pasar Jatitengah karena pembangunan pasar segera dimulai," kata Suparmi, 45, pedagang soto dan gorengan saat ditemui Espos di los darurat.

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.