BNPB Biayai Pendidikan Putra Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo Purwo Nugroho (Instagram sutopopurwo)
11 Juli 2019 23:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membiayai pendidikan dua putra almarhum Sutopo Purwo Nugroho.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB tersebut meninggal dunia akibat kanker paru-paru, Minggu (7/7/2019).

Beasiswa pendidikan bagi kedua putra Sutopo merupakan wujud apresiasi atas dedikasi Sutopo selama hidup dan mengemban amanah di BNPB.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan saat ini sudah ada beberapa pihak yang siap membiayai pendidikan dua putra Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldi Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho. Biaya tersebut akan diberikan kepada mereka hingga tuntas menyelesaikan pendidikan.

Saat ini Muhammad Ivanka Rizaldi Nugroho menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho SMP Lab School Cibubur, Jawa Barat.

“Sudah ada beberapa pihak yang menyampaikan kepada saya, bahwa mereka akan memberikan beasiswa kepada putra-putra Pak Sutopo sampai selesai,” ujarnya kepada wartawan di kediaman ayah Sutopo, Suharsono Harsosaputro di Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali, Kamis (11/7/2019).

Di sisi lain, Doni juga mengapresiasi dedikasi Sutopo semasa hidup. Bahkan dia mengaku sulit mencari pengganti posisi Sutopo. “Kalau sekarang sulit rasanya mencari pengganti yang seperti Pak Sutopo ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) memberikan penghargaan Pengabdian Tanpa Batas kepada almarhum Sutopo.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Dewan Pertimbangan IJTI Imam Wahyudi dan diterima Suharsono dan keluarga.

Media

Iman menilai, Sutopo semasa hidup sangat membantu wartawan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui media.

“Pak Sutopo selalu siap dalam kondisi apa pun untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan informasi yang dibutuhkan ini menyangkut jiwa manusia. Sebagai pejabat publik, Pak Sutopo ini melampaui yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Suharsono menyatakan rasa terima kasih kepada semua pihak yang mengapresiasi kinerja anaknya dan semua pihak yang memberikan bantuan kepada keluarganya.