Solopos Hari Ini: Tragedi Korupsi Berbalut Investasi

Harian Umum Solopos edisi Jumat (12/7 - 2019).
12 Juli 2019 11:42 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun sebagai tersangka penerima suap terkait izin reklamasi di Tanjung Piayu, Batam. Menurut KPK, kasus yang membelit Nurdin bersama dua anak buahnya adalah perilaku korupsi berbalut investasi.

Selain Nurdin, dua anak buahnya juga ditangkap yakni Edy Sofyan (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri), dan Budi Hartono (Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Pemprov Kepri); serta pengusaha Abu Bakar.

Kabar mengenai kasus korupsi yang menjerat Gubernur Kepri Nurdin Basirun itu menjadi sorotan utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (12/7/2019). Berita itu bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga mengulas penurunan tiket pesawat. LCC mengklaim telah menurunkan harga tiket hingga 50%.

Tiket Pesawat Solo–Jakarta Jadi Rp470.000-an

Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier(LCC) mengklaim sudah menurunkan harga tiket hingga 50% tarif batas atas (TBA) pada Kamis (11/7/2019). Berdasarkan pantauan Espos, tiket Solo–Jakarta kini dijual mulai Rp474.000 dari tarif sebelumnya yang mencapai Rp800.000.

Tarif murah ini hanya berlaku pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk jadwal keberangkatan 10.00-14.00 waktu setempat. Penurunan harga tiket pesawat ini pun menjadi angin segar bagi para pelaku biro wisata.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sementara itu, di halaman Soloraya ada kabar mengenai Dinas Pendidikan Solo yang akan memantau 21 SD kekurangan murid. Ada pula kisah menarik dari keberangkatan calon haji di Solo.

Dinas Pendidikan Pantau 21 SDN

Dinas Pendidikan Kota Solo memantau secara khusus 21 SDN di Kota Solo yang menerima siswa baru kurang dari 10 orang. Sebanyak 21 sekolah dasar negeri (SDN) itu masing-masing menerima siswa baru kurang dari 10 orang pada penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020 beberapa hari lalu.

Tren peneriman siswa baru di SDN memang menunjukkan penurunan. Jika kondisinya makin mengkhawatirkan alias siswa baru pendaftar di SDN minim, Dinas Pendidikan Kota Solo bisa saja menggabung dua SDN atau lebih.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Berfoto Dulu sebelum Masuk Asrama

Di halaman Gedung Mekkah kompleks Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, belasan fotografer menyambut kedatangan jemaah calon haji dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Para fotografer itu setiap hari berseragam batik cokelat.

Salah seorang di antara mereka biasa disapa Agus. Dia menawarkan jasa membuatkan foto sebelum jemaah memasuki Gedung Mekkah, tempat mereka menginap sebelum berangkat ke Tanah Suci keesokan harinya.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.