PKU Muhammadiyah Solo Cetak Lulusan Bidang Teknologi Rekayasa Elektromedis

Mahasiswa Prodi Teknologi Rekayasa Elektromedis ITS PKU Muhammadiyah Solo sedang praktik di kampus tersebut, belum lama ini. (Istimewa)
19 Juli 2019 16:00 WIB Shoqib Angriawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Menyesuaikan kebutuhan dunia kerja, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo siap mencetak lulusan dari bidang teknologi rekayasa elektromedis.

Saat ini rumah sakit, klinik, hingga puskesmas sudah menggunakan peralatan kesehatan yang canggih. Di sisi lain, jumlah tenaga profesional teknik elektromedis terbatas.

Menjawab kondisi tersebut, ITS PKU Muhammadiyah menawarkan Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Elektromedis. Sarjana terapan Teknologi Rekayasa Elektromedik sangat dibutuhkan.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi ITS PKU Muhamadiyah Solo, Anis Prabowo, menuturkan Prodi Teknologi Rekayasa Elektromedis mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi hingga penerapannya dalam bidang kesehatan. Penggunaan alat-alat medis yang canggih adalah bagian yang terintegrasi dari pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Hal ini harus diimbangi dengan sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang teknik dan kesehatan. Mereka bertugas mengoperasikan dan mengontrol peralatan medis agar layak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. “Sekarang peralatan medis menggunakan peralatan canggih, tidak hanya di rumah sakit, namun juga klinik dan puskesmas. Tapi, ketersediaan lulusan teknologi rekayasa elektromedis masih terbatas. Jadi ini merupakan peluang,” kata dia kepada Solopos.com, belum lama ini.

Anis mengatakan lulusan Prodi Teknologi Rekayasa Elektromedis sangat berpotensi untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia tersebut. Lulusan prodi ini juga diharapkan menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan, mulai dari pengelola, pelaksana, penelitian, serta penyuluhan dan pelatihan penggunaan alat kedokteran/kesehatan pada fasilitas kesehatan.

Tujuan lain adalah memastikan kelayakan siap pakai peralatan kesehatan dengan tingkat keakurasian dan keamanan serta mutu sesuai standar yang berlaku dan kode etik yang bersifat melayani masyarakat.