Rumah Penerima PKH di Sragen Terbakar, Kerugian Rp10 Juta

Petugas BPBD, Damkar Satpol PP, dan warga mencari titik api di lokasi kebakaran di rumah milik Suwar, 43, di Dukuh Bulakrejo RT 023, Ngargosari, Sumberlawang, Sragen, Kamis (18/7 - 2019). (Istimewa/BPBD Sragen)
19 Juli 2019 13:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN — Kebakaran menghanguskan sebagian rumah milik keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Dukuh Bulakrejo RT 023, Ngargosari, Sumberlawang, Sragen, Suwar, 43, Kamis (18/7/2019) siang.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibar kebakaran Sragen diperkirakan mencapai Rp10 juta. 

Kebakaran dilaporkan ke Tim Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen pukul 11.59 WIB. Api dipadamkan pukul 12.56 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Sugeng Priyono, menyampaikan peristiwa itu berawal saat istri pemilik rumah, Sulastri, 40, pergi ke warung tetangga. Seorang warga tiba-tiba mengampiri Sulastri seraya memberitahukan kalau rumahnya terbakar.

“Sulastri langsung pulang. Warga yang mengetahui kejadian itu berusaha memadamkan api secara gotong-royong dengan peralatan seadanya. Api itu melalap kandang ternak di bagian belakang rumah dan merembet ke dapur rumah milik korban. Karena warga kewalahan, maka warga minta bantuan pemadam kebakaran dan BPBD Sragen,” ujar Sugeng kepada solopos.com, Jumat (19/7/2019).

Sugeng menjelaskan rumah terbakar  itu dihuni pasangan Suwar dan Sulastri bersama dua anak mereka. Sugeng mengatakan kebakaran di Sragen tersebut diduga dari perapian di kandang yang belum padam. 

“Kebakaran itu mengkhawatirkan karena jarak rumah antarwarga berdekatan. Peralatan dapur ludes terbakar dan pakan ternak. BPBD memberikan bantuan pangan dan nonpangan untuk meringankan beban korban karena keluarga tersebut anggota PKH,” katanya.