Dishub Solo Tambah Kamera CCTV Untuk Dukung Traffic Light Pintar

Kamera CCTV (peaceforcesecurity.co.za)
20 Juli 2019 07:30 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menggagas traffic light yang memiliki kemampuan mandiri dalam mengatur lalu lintas. Terkait itu, kamera closed circuit television (CCTV) tambahan akan dipasang di beberapa simpang jalan Kota Solo.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan sudah merencanakan penambahan kamera CCTV di beberapa simpang untuk mendukung fokus utama dalam mengendalikan arus lalu lintas.

“Ada penambahan [CCTV] dalam waktu dekat di beberapa simpang. Kami akan mengarah ke full demand responsive pada traffic light. Fungsinya untuk membantu mengatur arus lalu lintas kendaraan di Solo,” ujar dia kepada Solopos.com, Rabu (17/7/2019).

Menurut Ari, dengan menerapkan hal tersebut, nantinya setiap traffic light yang sudah dilengkapi kamera CCTV di setiap kaki ruas persimpangan akan memiliki kecerdasan. Salah satunya dapat menghitung jumlah kendaraan dan mengatur sendiri waktu perubahan warna lampu traffic light.

Selain itu, fungsi lainnya tetap sama untuk merekam peristiwa di dalam ruas jalan. “Nanti setiap kamera CCTV mengarah ke setiap kaki simpang sehingga traffic light bisa berpikir sendiri dan menghitung sendiri jumlah kendaraan. Walaupun bisa merekam kejadian di jalan tapi fungsi utamanya tetap untuk pengendalian arus lalu lintas secara teknis,” imbuh dia.

Anggota staff CC Room Dishub Solo, Dimas Firdaus Nugroho, mengatakan saat ini setiap persimpangan hanya ada satu kamera CCTV yang dipasang. Karenanya CC Room hanya bisa memantau di satu angle mata kamera.

Pemasangan kamera CCTV di setiap kaki simpang dapat membantu CC Room Dishub memantau situasi arus lalu lintas di jalan.

“Untuk saat ini memang hanya ada satu CCTV di setiap simpang. Nanti mungkin bertahap. Tahun ini mungkin hanya empat simpang saja yang akan diterapkan. Kemungkinan bertahap dan semua bisa dipasang CCTV untuk setiap kaki simpang di Solo,” kata dia.