Sragen Masih Digelontor Tambahan Alokasi 52.640 Tabung Elpiji 3 Kg Pekan Ini

Elpiji bersubsidi kemasan tabung kapasitas 3 kg. (Antara/Ali Khumaini)
23 Juli 2019 03:30 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Sragen masih mendapat tambahan alokasi elpiji 3 kg sebanyak 52.640 tabung pada pekan ini. Pekan sebelumnya, PT Pertamina sudah menggelontor tambahan elpiji melon sebanyak 78.960 tabung pada Minggu-Sabtu (14-20/7/2019).

Tambahan elpiji melon sebanyak 52.640 tabung itu digelontor pada Senin-Sabtu (22-27/7/2019). Tambahan pasokan elpiji itu untuk memenuhi kebutuhan di Sragen dan untuk menekan harga elpiji di tingkat pengecer.

Sales Eksekutif Elpiji Rayon V PT Pertamina, Adeka Sangtraga Hitapriya, saat dihubungi Solopos.com, Senin siang, mengatakan pada pekan lalu tambahan pasokan dimulai Minggu. Dia menyampaikan penambahan alokasi itu diberikan sembari melihat kondisi lapangan.

“Untuk kebutuhan petani berapa coba koodinasi dengan pihak terkait tetapi pada prinsipnya kami siaga sewaktu-waktu kebutuhan naik lagi,” ujarnya.

Kasi Pembinaan Perdagangan Jasa dan Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen, Joko Suranto, membenarkan adanya tambahan pasokan elpiji 3 kg sebanyak 52.640 tabung pada pekan ini.

Dia menyampaikan ada tim yang memantau situasi dan kondisi setiap hari di lapangan. “Termasuk penyalurannya pun diawasi agar tidak salah sasaran. Tambahan alokasi elpiji tersebut diperuntukkan daerah-daerah sentra pertanian di Sragen,” tuturnya.

Sentra pertanian itu meliputi Sambungmacan, Ngrampal, Karangmalang, Kedawung, Sragen Kota, Sidoharjo, Masaran, Plupuh, Tanon, dan Sukodono.

Manajer perusahaan agen elpiji dari PT Pietra Mulia Sragen, L. Sapto Wibowo, mengatakan tambahan elpiji masih terus berjalan dan kemungkinan sampai akhir bulan masih ada alokasi fakultatif dari Pertamina.

Dia mengatakan break down untuk PT Pietra Mulia kisaran 560 tabung per hari. Alokasi fakultatif itu dalam sehari bisa 1-2 kali.

“Distribusi ke pangkalan sesuai peruntukannya dan potensi di daerah tersebut. Sampai Senin ini, kami sudah menyalurkan ke hampir 100 pangkalan elpiji di bawah wilayah distribusi PT Pietra Mulia. Jumlah alokasi fakultatif per pangkalan berbeda-beda,” ujarnya.

Sapto menambahkan selama 15-19 Juli lalu PT Pietra Mulia Sragen sudah mendistribusikan alokasi fakultatif elpiji 3 kg sebanyak 5.040 tabung ke sejumlah pangkalan.

“Senin ini masih ada fakultatif dan kemungkinan terus sampai nanti ada komando lanjutan dari pemerintah daerah dan Pertamina. Kami siap menjalankan instruksi sampai akhir bulan sekaligus melakukan pantauan secara paralel,” katanya.