Anggota DPRD Solo Merinding Lihat Fasilitas Mewah Stadion Manahan

Progres renovasi Stadion Manahan Solo, Rabu (24/7/2019). (Solopos - Nicolous Irawan)
25 Juli 2019 04:30 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Legislator Komisi IV DPRD Kota Solo takjub dengan fasilitas mewah ala stadion di Eropa saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stadion Manahan yang tengah direnovasi, Rabu (24/7/2019) siang.

“Luar biasa. Teman-teman juga bisa lihat. Saya terharu sampai merinding ini. Kita masuk stadion yang luar biasa. Akhirnya Solo akan punya stadion yang bisa dibanggakan,” tutur Ketua Komisi IV DPRD Solo, Paulus Haryoto, di sela-sela sidak yang diikuti sejumlah wartawan.

Memasuki bagian dalam Stadion Manahan Solo memang terasa berbeda dibanding sebelumnya. Tidak hanya sarana prasarana stadion yang megah, fasilitas di dalam stadion pun super mewah.

Mulai dari lapangan yang rata dan rumput halus, tempat duduk yang nyaman dengan model single seat, hingga seluruh tribune penonton yang beratap mendukung kenyamanan dari gangguan hujan.

Di bagian timur dan barat stadion dipasang layar skor berukuran besar. Layar itu bisa digunakan untuk menayangkan jalannya pertandingan dan replay video (siaran ulang) bila terjadi goal ketika pertandingan berlangsung.

Dengan begitu penonton tidak perlu khawatir bila melewatkan terjadinya goal. Kedahsyatan renovasi Stadion Manahan yang menelan anggaran RpRp301.330.150.000 itu juga sudah mulai terlihat di bagian dalam stadion itu.

Salah satunya di ruang ganti atlet (pemain) di mana tersedia kolam mini yang bisa diisi dengan air hangat atau dingin. Kolam berukuran sekitar 5 meter x 5 meter persegi itu berfungsi memulihkan kondisi fisik atlet seusai bertanding.

Dari ukurannya, ruang ganti pemain ini terbilang cukup lapang agar mood pemain tetap terjaga sebelum dan saat jeda pertandingan. Di dekat ruang ganti tersedia lapangan mini rumput sintetis yang bisa untuk pemanasan.

Stadion Manahan pascarenovasi, menurut Paulus Haryoto, akan menjadi simbol Kota Bengawan sebagai kota olahraga di Tanah Air. Keberadaan stadion istimewa diharapkan ikut memacu prestasi olahraga masyarakat Solo.

Paulus mengatakan sidak Komisi IV DPRD Solo untuk melihat sejauh mana progres renovasi stadion. Selain itu untuk melihat aspek-aspek penting seperti kualitas pekerjaan, keamanan stadion, kenyamanan, dan kelengkapan fasilitas.

“Dari aspek progres pekerjaan tidak ada masalah, malah sudah melampaui target, di angka 83 persen saat ini. Dari suplai material juga tidak masalah. Hanya ada beberapa fasilitas yang nanti harus dilengkapi Pemkot Solo,” kata dia.

Fasilitas yang mesti perlu dilengkapi itu seperti loket boks dan sapras lain pendukung fungsi Stadion Manahan. “Target sebelum akhir tahun ini sudah selesai renovasi, tinggal dilengkapi, dan menunggu peresmiannya,” sambung dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kapasitas atau daya tampung Stadion Manahan dengan model single seat menjadi berkurang dibandingkan sebelumnya. Kapasitas stadion pascarenovasi 20.003 orang.

Sedangkan sebelum direnovasi Stadion Manahan bisa menampung hingga 25.000 penonton. Model tempat duduk kala itu masih tempat duduk berjamaah. Saat itu belum semua tribune penonton tertutup atau memakai atap.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, saat diwawancarai wartawan mengatakan ihwal waktu peresmian Stadion Manahan menjadi kewenangan pemerintah pusat. Tapi target waktu selesainya pekerjaan jatuh pada akhir 2019.

”Sejauh ini agenda atau tahapan pembangunan on schedule semua, bahkan malah lebih cepat dari target. Harapan kami sebelum Desember [2019] sudah jadi. Tapi untuk waktu peresmiannya itu urusan pusat,” terang dia.

Sementara Project Manager Renovasi Stadion Manahan, Soni Ariawan, mengatakan perombakan dilakukan terhadap semua fasilitas dan sarpras lama stadion. Beberapa sarpras diubah menjadi berstandar internasional.

Seperti lapangan sepak bola dibuat berstandar FIFA, lampu stadion berstandar internasional, dan trek atletik berstandar kelas II. “CCTV bisa terkoneksi videotron dan ada musala bagi penonton di masing-masing tribune,” urai dia.